Kartu Prakerja Gelombang 12 Akan dibuka AWAL MARET 2021, Cek syaratnya disini!

syarat kartu prakerja

Mencapai kesuksesan program di tahun 2020 dengan 5,9 juta penerima sampai gelombang 11, Program Kartu Prakerja ini rencananya akan dilanjutkan lagi pada tahun 2021 mendatang untuk Gelombang 12. Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso mengatakan bahwa dengan jumlah pendaftar yang sangat tinggi itu, pemerintah akan terus melanjutkan Program Kartu Prakerja pada tahun 2021 mendatang.

Setelah berhasil di tahun 2020, banyak muncul pertanyaan di kalangan masyarakat. Yaitu kalau peserta yang sudah lolos pendaftaran Kartu Prakerja 2020, apa boleh daftar lagi di tahun 2021?

Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menegaskan, peserta yang sudah lolos pendaftaran Kartu Prakerja, tidak dapat mendaftar kembali.

Hal tersebut dikarenakan program kartu prakerja ini cuma bisa kalian dapatkan sekali seumur hidup. “Yang sudah pernah menerima Kartu Prakerja, tidak bisa mendaftar lagi,” kata Louisa. “Betul, program Kartu Prakerja hanya dapat diterima sekali seumur hidup,” lanjutnya. Dikatakan jua bahwa Presiden Joko Widodo dan Menteri Keuangan sudah menyatakan secara eksplisit mengenai keberlanjutan program Kartu Prakerja pada 2021. Namun, pelaksanaan Kartu Prakerja pada 2021 masih dalam proses pembahasan. Sehingga, kapan dibuka gelombang berikutnya, total kuota penerima, termasuk juga seperti apa mekanismenya, belum bisa dipastikan. “Semuanya masih dalam proses pembahasan. Ini semua akan diputuskan oleh Komite Cipta Kerja dan dilaksanakan oleh Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja,” kata Louisa.

Nah, buat kalian yang belum dapet program Kartu Prakerja ini, kalian masih punya kesempatan di bulan Maret tahun 2021 nanti. Mulai dari sekarang deh kalau bisa sudah daftar akun Kartu Prakerjanya dulu karena pendaftaran akun sudah dibuka.

Pengen tahu apa aja syarat-syarat untuk gelombang 12 nanti? Ini nih 3 syarat utama ikut seleksi prakerja gelombang 12.

  1. WNI (Warga Negara Indonesia)
READ  6 Tips Penggunaan Warna yang Efektif dalam Desain

Gimana min kalo saya WNI tapi posisi diluar negeri? Ya, yang penting KTP nya Indonesia aja udah bisa loh berkesempatan ikutan program pelatihan Kartu Prakerja.

2. Minimal berusia 18 tahun

Buat temen-temen yang masih dibawah umur 18 tahun ga boleh asal pake KTP orang tuanya ya. Harus utamakan kejujuran, oke! Nah buat yang usianya diatas 18 tahun boleh banget tuh langsung daftar program pelatihan Kartu Prakerja.

3. Sedang tidak menempuh pendidikan formal

Untuk yang masih menempuh pendidikan formal, termasuk yang sedang menempuh perkuliahan selesaikan dulu aja kuliahnya. Tenang, program kartu Prakerja masih panjang kok gelombangnya. Kalau udah lulus baru deh tuh daftar program pelatihan Kartu Prakerja.

Selain syarat dan ketentuan diatas. Ada juga hal-hal yang harus kamu perhatikan agar proses verifikasi akun kartu prakerja kamu berhasil gaes.

Hal-hal penting tersebut adalah :

  1. Dalam melakukan pendaftaran akun di situs prakerja.go.id, kamu wajib menggunakan nama dan data diri yang sah sesuai dengan kartu tanda penduduk  (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Ingat! Jangan menggunakan identitas orang lain agar tujuan dari kartu prakerja tersebut berjalan dengan baik yaa..
  2. Usahakan jangan terburu-buru dalam pengisian identitas sewaktu mendaftar akun. Karena apabila identitas yang dimasukkan salah makan tidak akan bisa diganti setelahnya dan akun kartu prakerja tersebut akan tidak berfungsi.
  3. Pemberian data dan informasi juga harus sesuai dengan yang ada ya. Karena untuk data yang tidak benar dapat dianggap sebagai suatu perbuatan melawan hukum yang dapat menimbulkan konsekuensi hukum.
  4. Manajemen Pelaksana tidak memungut biaya pendaftaran kepada calon peserta program Kartu Prakerja. Jadi, jangan sampe percaya deh kalo ada yang nawarin jasa mudah untuk dapat kartu prakerja!
READ  7 Alasan Kenapa Harus Belajar Desain Grafis di Sekolah Desain !

Nah, sudah paham kan dengan apa-apa aja yang musti disiapkan dan dilakukan untuk mengikuti prakerja di awal maret 2021 besok?

Tenang aja, SekolahDesain.id bakal selalu ada di garda terdepan buat kamu dan Indonesia untuk bisa membuat rakyat indonesia melek desain serta bisa membuka peluang bisnis baru tentunya dibidang desain. Penasaran ada kelas apa aja di Kartu Prakerja khususnya SekolahDesain.id di tahun 2021?

Kalian bisa cek di Bukalapak untuk kelas dari SekolahDesain.id. Dijamin pasti seru dan asik banget deh untuk diikutin.

Update lebih lanjut mengenai Prakerja di SekolahDesain bisa follow Instagram kami di @sekolahdesain_prakerja


There is no ads to display, Please add some

5 thoughts on “Kartu Prakerja Gelombang 12 Akan dibuka AWAL MARET 2021, Cek syaratnya disini!

  1. I absolutely love your blog and find a lot of your post’s to be exactly I’m looking for. Would you offer guest writers to write content to suit your needs? I wouldn’t mind writing a post or elaborating on a lot of the subjects you write regarding here. Again, awesome blog!

  2. I appreciate, cause I found exactly what I was looking for. You’ve ended my four day long hunt! God Bless you man. Have a nice day. Bye

Comments are closed.