Retrofuturisme: Ketika Masa Lalu Bertemu Masa Depan dalam Desain

Retrofuturisme

Retrofuturisme menjadi salah satu tren desain yang populer saat ini. Tren ini menciptakan gaya yang unik dengan menggabungkan elemen desain masa lalu dan masa depan.

Namun, seberapa jauh sebenarnya kamu memahami tentang konsep Retrofuturisme dan kapan tren ini pertama kali muncul?.

Apabila kamu masih penasaran soal Retrofuturisme dalam desain, wajib menyimak artikel di bawah ini, dikutip dari 99designs.com.

Freepik

Baca Juga

7 Tren Font Desain Grafis 2023, Lebih Gelap dan Futuristik

Apa itu Retrofuturisme?

Retrofuturisme adalah gerakan desain yang menggabungkan elemen masa lalu dan masa depan, menciptakan perpaduan yang unik antara nostalgia dan inovasi.

Sebagai gerakan desain yang telah berkembang sejak pertengahan abad ke-20, gaya ini sering kali menggambarkan dunia masa depan sebagaimana yang dibayangkan oleh orang-orang di masa lalu.

Misalanya pada tahun 1950-an, orang-orang membayangkan mobil terbang dan rumah robot sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari pada tahun 2000-an.

Gaya ini berusaha untuk menyatukan visi masa lalu ini dengan teknologi dan desain modern, menghasilkan estetika yang khas yang menggabungkan yang lama dan baru.

Salah satu contoh desain Retrofuturisme yang terkenal adalah dalam film fiksi ilmiah dari tahun 1980-an, seperti Back to the Future dan Blade Runner.

Desain interior juga sering memakai elemen Retrofuturisme, seperti furnitur bergaya futuristik dengan warna-warna neon dan bentuk-bentuk yang unik.

Gaya ini juga ditemukan dalam desain produk, seperti perangkat elektronik dan mobil. Beberapa produsen gadget modern, seperti Apple dan Samsung, sering kali menggunakan desain Retrofuturisme untuk produk mereka.

Baca Juga

5 Tips Melindungi Karya Seni dari Pencurian

Kapan Retrofuturisme dimulai?

Menurut beberapa komentator, istilah “Retrofuturisme” pertama kali muncul dalam buku Retro-Futurism karya TR Hinchcliffe pada tahun 1967.

READ  Dopley Colors: Mengenal Lebih Dalam Platform Pencocokan Warna Online

Namun, sesuai dengan karakteristik genre yang mencampur antara yang nyata dengan yang khayalan, bukti bahwa buku ini pernah ditulis atau diterbitkan sangatlah sedikit.

Penyebutan pertama yang dapat dipercaya mengenai Retrofuturisme muncul dalam iklan Bloomingdale’s department store pada tahun 1983 di New York Times, yang menggambarkan perhiasan dengan “baja yang dilapisi perak dan desain abu-abu yang halus untuk tampilan retro-futuristik”.

Namun, tren ini sudah mulai muncul sebelum istilah tersebut ditemukan pada tahun 1980-an.

Baca Juga

10 Plugin Figma Terbaik buat Desainer UI/UX
Freepik

Ciri khas Retrofuturisme

Ciri khas dari gaya ini adalah penggabungan elemen futuristik dengan elemen retro atau vintage.

Gaya ini sering menggabungkan teknologi dan estetika masa depan yang diilhami oleh era modernis dengan elemen visual dan gaya hidup yang diambil dari masa lalu, seperti desain retro tahun 1950-an atau era Victorian.

Contohnya adalah penggunaan lampu neon dan chrome dalam desain interior yang futuristik, namun dengan nuansa 1920-an hingga 1960-an.

Desain mobil konsep yang terinspirasi dari kendaraan masa depan, tetapi dengan bentuk yang mengingatkan pada mobil-mobil klasik era 1950-an dan 1960-an.

Pakaian dan gaya hidup juga dapat memasukkan elemen Retrofuturisme. Misalnya, kacamata hitam kotak-kotak seperti yang dikenakan oleh agen rahasia dalam film-film James Bond, atau pakaian yang menampilkan detail futuristik seperti bahan metalik atau zip di tempat yang tidak biasa.

Gaya ini sering dianggap sebagai gaya yang menyenangkan dan optimis, dengan pandangan masa depan yang cerah dan bersemangat, yang terinspirasi oleh masa lalu yang terlihat lebih mudah dan lebih sederhana.

Dalam sejarahnya, gaya ini telah mengalami perkembangan yang cukup panjang. Tren ini tidak hanya melihat ke masa depan, tetapi juga mengambil inspirasi dari masa lalu.

READ  12 Software Edit Video Gratis untuk Mac OS yang Terbaik dengan Fitur Lengkap 

There is no ads to display, Please add some

13 thoughts on “Retrofuturisme: Ketika Masa Lalu Bertemu Masa Depan dalam Desain

  1. Woah! I’m really enjoying the template/theme of this website. It’s simple, yet effective. A lot of times it’s challenging to get that “perfect balance” between superb usability and visual appeal. I must say you have done a superb job with this. Additionally, the blog loads very fast for me on Chrome. Exceptional Blog!

  2. Fantastic beat ! I would like to apprentice at the same time as you amend your web site, how could i subscribe for a weblog site? The account helped me a appropriate deal. I had been a little bit acquainted of this your broadcast offered brilliant clear idea

  3. That is the suitable weblog for anyone who wants to seek out out about this topic. You realize so much its virtually onerous to argue with you (not that I actually would want…HaHa). You definitely put a new spin on a subject thats been written about for years. Great stuff, just great!

  4. Today, I went to the beach with my kids. I found a sea shell and gave it to my 4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She put the shell to her ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear. She never wants to go back! LoL I know this is totally off topic but I had to tell someone!

  5. Keep up the great piece of work, I read few content on this internet site and I conceive that your web site is real interesting and contains bands of superb info .

  6. I intended to send you that little bit of observation in order to say thanks again for those marvelous suggestions you have discussed here. This has been really particularly generous of people like you in giving publicly just what many individuals might have marketed for an electronic book in making some cash for themselves, principally considering the fact that you might well have done it in the event you decided. These thoughts in addition served like the good way to understand that the rest have similar dream similar to my very own to grasp many more in regard to this matter. I know there are millions of more pleasant moments ahead for people who read through your blog post.

  7. Hi, Neat post. There’s an issue together with your web site in internet explorer, would test this?K IE still is the marketplace chief and a huge part of other people will pass over your excellent writing because of this problem.

Comments are closed.