Perubahan Logo Nokia dari Masa ke Masa, Dulu Hanya Produsen Kertas

Perubahan Logo Nokia dari Masa ke Masa

Sebelum melakukan pergantian logo di 2023 ini, Nokia juga pernah melakukan sejumlah re-desain logo. Ini perubahan logo Nokia dari masa ke masa.

Nokia, salah satu produsen ponsel dan elektronik terkemuka di dunia yang berasal dari Finlandia. Memiliki memiliki sejarah panjang yang mencakup lebih dari 150 tahun.

Sejak berdiri pada tahun 1865 sebagai produsen kertas dan bubur kayu, Nokia telah berevolusi menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia.

Logo Nokia juga telah mengalami banyak perubahan seiring dengan perkembangan perusahaan. Berikut adalah perjalanan perubahan logo Nokia dari masa ke masa.

Baca Juga

Kenapa Nokia Mengganti Logo? Ini Alasan di Balik Perubahan Logo Lama

Perubahan logo Nokia dari masa ke masa

Logo Pertama: “The Fish” (1865-1898)

Pada awal berdirinya, Nokia didirikan oleh Fredrik Idestam dan diberi nama sesuai dengan sungai di dekatnya, Nokianvirta. Pada tahun 1865, logo pertama Nokia dirancang dengan menampilkan gambar ikan salmon yang mungkin terinspirasi oleh sungai dekat pabrik Nokia yang pertama.

Logo Kedua: “The Fork” (1898-1965)

Pada tahun 1898, Nokia mulai memproduksi barang-barang karet dan merubah logo-nya dengan menambahkan segitiga merah dan huruf “SGT Nokia”, yang mengacu pada perusahaan suku cadang karet yang dibeli Nokia. Logo ini menjadi terkenal dengan sebutan “the fork”.

Baca Juga

Mengapa logo sangat penting untuk sebuah bisnis ? Ini Penjelasannya

Logo Ketiga: “The Ring” (1965-1967)

Pada tahun 1965, Nokia berubah menjadi perusahaan publik dan memutuskan untuk mengubah logo-nya. Logo ketiga berupa lingkaran hitam dengan kata “Nokia” ditulis di dalamnya dengan huruf besar.

Logo Keempat: “Connecting People” (1967-2011)

Perubahan Logo Nokia dari Masa ke Masa – Nokia

Pada tahun 1967, logo Nokia dirubah menjadi tulisan “Nokia” dalam huruf kapital berwarna biru dengan tiga panah hitam menghadap ke kanan di pojok kanan atas.

READ  12 Warna yang Cocok Dipadukan dengan Hitam 

Panah-panah tersebut melambangkan konektivitas telepon seluler dengan menara seluler. Logo ini digunakan selama lebih dari empat puluh tahun dan banyak orang mengenal Nokia melalui logo ini. Pada tahun 1992, slogan “Connecting People” ditambahkan ke logo.

Logo Kelima: “Pure” (2011-2023)

Perubahan Logo Nokia dari Masa ke Masa
Perubahan Logo Nokia dari Masa ke Masa – Nokia

Pada tahun 2011, Nokia memutuskan untuk merombak logo-nya untuk mengikuti perkembangan zaman. Logo kelima berupa tulisan “Nokia” yang lebih sederhana dan modern dengan font sans-serif, yang juga merupakan bagian dari strategi merek baru Nokia yaitu “Pure”.

Baca Juga

Kenapa Logo Tak Boleh Diubah Terlalu Sering? Ini 4 Sebabnya

Logo Keenam: “Energized, Dynamic, and Modern” (2023)

Perubahan Logo Nokia dari Masa ke Masa – Nokia

Nokia, produsen peralatan 5G asal Finlandia, mengumumkan pada 26 Februari 2023 bahwa mereka telah melakukan pergantian logo.
Tujuan perubahan logo ini adalah untuk menjauhkan citra Nokia sebagai produsen ponsel.

Nokia yang dahulu dikenal dengan moto “connecting people” saat memimpin pasar ponsel pada awal tahun 2000-an, sekarang telah keluar dari bisnis ponsel selama hampir satu dekade dan berfokus pada bisnis teknologi.

Logo baru Nokia terdiri dari lima bentuk berbeda yang membentuk kata NOKIA. Logo ini juga menggunakan beberapa warna yang berbeda, tergantung pada penggunaannya.

Nokia menggambarkan logo barunya sebagai simbol kolaborasi, yang menurut perusahaan sangat penting untuk mewujudkan potensi jaringan yang eksponensial: membuka peluang dalam keberlanjutan, produktivitas, dan aksesibilitas.

Selain itu, perusahaan juga ingin menunjukkan bahwa Nokia saat ini fokus pada “jaringan dan digitalisasi industri.”

Itulah perubahan logo Nokia dari masa ke masa yang juga menceritakan perjalanan bisnis dan perkembangan usahanya.


There is no ads to display, Please add some