4 Perbedaan Color dan Colour, Ternyata Berasal dari Bahasa Ini

SekolahDesain – Jelaskan soal perbedaan color dan colour, punya arti yang sama tetapi berasal dari bahasa yang berbeda.

Bahasa Inggris adalah bahasa yang digunakan secara luas di seluruh dunia, dan seringkali kita menemui perbedaan dalam ejaan dan penggunaan kata-kata antara dua varian bahasa Inggris yang paling umum: bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris Britania.

Salah satu contoh perbedaan yang paling mencolok adalah penggunaan kata color dan colour. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan color dan colour.

Perbedaan Color dan Colour

1. Ejaan

Perbedaan paling mencolok antara color dan colour adalah ejaannya. Dalam bahasa Inggris Amerika, kita menggunakan “color” (tanpa huruf “u”) untuk merujuk pada palet warna. Sementara itu, dalam bahasa Inggris Britania, ejaan yang benar adalah “colour” (dengan huruf “u”).

Contoh:

  • Bahasa Inggris Amerika: “The sky is blue in color.”
  • Bahasa Inggris Britania: “The sky is blue in colour.”

2. Penggunaan Regional

Perbedaan ejaan ini mencerminkan penggunaan regional, dengan Amerika Serikat dan Kanada menggunakan ejaan color, sementara Britania dan negara-negara Persemakmuran lainnya menggunakan colour. Perbedaan ini juga dapat ditemui di negara-negara yang dulunya berada di bawah pengaruh kolonial Britania.

3. Sejarah

Sejarah perbedaan ini berasal dari perubahan dalam bahasa Inggris yang terjadi selama berabad-abad. Pada abad ke-18, Samuel Johnson menerbitkan kamus bahasa Inggris pertama, yaitu “A Dictionary of the English Language,” yang mengilustrasikan ejaan yang berbeda di antara berbagai kata. Ini merupakan langkah awal menuju standarisasi ejaan bahasa Inggris.

4. Perbedaan Lainnya

Selain “color” dan “colour,” masih ada banyak kata lain yang memiliki perbedaan ejaan antara bahasa Inggris Amerika dan Britania. Beberapa contoh lainnya adalah “center” (Amerika) vs. “centre” (Britania) dan “honor” (Amerika) vs. “honour” (Britania). Namun, sebagian besar perbedaan ini adalah masalah ejaan dan biasanya tidak mempengaruhi makna kata tersebut.

READ  Ini Cara Memasukkan Font ke Photoshop (Fast Tutorial)

Perbedaan antara color dan colour adalah salah satu contoh yang menonjol antara bahasa Inggris Amerika dan Britania.

Meskipun perbedaan ini terlihat sekadar masalah ejaan, hal ini dapat membingungkan bagi mereka yang belajar bahasa Inggris. Penting untuk diingat bahwa kedua ejaan tersebut benar dalam konteksnya masing-masing, tergantung pada varian bahasa Inggris yang digunakan.

Sebagai pembelajar bahasa Inggris, yang terbaik adalah memahami perbedaan ini dan memilih ejaan yang sesuai dengan konteks Anda, terutama jika Anda sedang menulis atau berkomunikasi dengan penutur asli bahasa Inggris dari satu varian tertentu.


There is no ads to display, Please add some

2 thoughts on “4 Perbedaan Color dan Colour, Ternyata Berasal dari Bahasa Ini

  1. Howdy would you mind letting me know which webhost you’re using? I’ve loaded your blog in 3 different internet browsers and I must say this blog loads a lot faster then most. Can you suggest a good web hosting provider at a reasonable price? Thanks a lot, I appreciate it!

Comments are closed.