16 Peluang Karier Jurusan DKV, Bisa Kerja Apa Saja?

Peluang Karier Jurusan DKV

Buat kamu calon mahasiswa atau mahasiswi yang tertarik ingin mengambil jurusan DKV, tetapi masih bingung akan kerja apa setelah lulus. Ini daftar peluang karier jurusan DKV.

Jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) merupakan salah satu jurusan di bidang seni dan kreatif yang banyak diminati oleh calon mahasiswa.

DKV memiliki fokus pada pengembangan keterampilan di bidang desain grafis, animasi, ilustrasi, fotografi, dan media digital lainnya.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan industri kreatif, DKV menjadi salah satu jurusan yang menjanjikan dalam hal karir.

Banyak orang yang berpikir bahwa jurusan DKV hanya mempersiapkan seseorang untuk menjadi desainer grafis atau animator.

Namun, kenyataannya lulusan DKV memiliki peluang kerja yang luas dan beragam. Berikut ini adalah beberapa jenis pekerjaan yang bisa diambil oleh lulusan DKV.

Baca Juga

7 Tren Font Desain Grafis 2023, Lebih Gelap dan Futuristik

Daftar peluang karier jurusan DKV

  1. Graphic designer

Graphic designer merupakan pekerjaan yang paling umum diambil oleh lulusan DKV. Sebagai graphic designer, tugas utamanya adalah membuat desain visual untuk keperluan pemasaran seperti poster, brosur, buku, majalah, dan website.

  1. Ilustrator

Sebagai seorang ilustrator, lulusan DKV dapat membuat ilustrasi untuk buku, majalah, atau kampanye iklan. Mereka juga dapat bekerja di perusahaan penerbitan, agensi kreatif, atau dapat bekerja secara freelance.

  1. Fotografer

Lulusan DKV juga dapat bekerja sebagai fotografer. Tugas utama seorang fotografer adalah memotret objek atau orang dengan cara yang menarik dan menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi.

  1. Motion graphics designer

Sebagai motion graphics designer, lulusan DKV akan bertanggung jawab untuk membuat animasi dan efek visual untuk film, video klip, iklan, dan produksi media lainnya.

  1. Desainer produk
READ  Piktochart: Platform Desain Online dengan Template Aesthetic, Ini 6 Fitur Utamanya

Desainer produk bertanggung jawab untuk membuat desain visual dan konsep produk yang menarik dan fungsional. Produk yang dirancang oleh desainer produk meliputi produk fisik seperti perabotan rumah tangga, perangkat elektronik, dan mainan.

Baca Juga

5 Tips Melindungi Karya Seni dari Pencurian
  1. UI UX designer

UI UX designer bertugas merancang antarmuka dan pengalaman pengguna untuk aplikasi mobile, website, dan perangkat lunak. Tugas ini meliputi membuat tampilan dan fungsi yang mudah digunakan dan menarik.

  1. Art director

Sebagai seorang direktur seni, lulusan DKV dapat memimpin tim kreatif dalam mengembangkan konsep, strategi, dan kampanye iklan. Mereka dapat bekerja di perusahaan iklan, perusahaan penerbitan, atau studio desain.

  1. Animator

Animator bertugas membuat animasi digital untuk film, video game, iklan, dan program televisi. Animator biasanya bekerja dalam tim dan membutuhkan keahlian khusus dalam pembuatan gerakan dan ekspresi karakter animasi.

  1. Packaging designer

Sebagai seorang desainer kemasan, lulusan DKV dapat menciptakan kemasan yang menarik dan fungsional untuk produk. Mereka dapat bekerja di perusahaan manufaktur, perusahaan penerbitan, atau dapat bekerja secara freelance.

10. Exhibition designer

Sebagai seorang desainer pameran, lulusan DKV dapat merancang dan mengatur pameran yang menarik dan informatif untuk berbagai jenis bisnis dan organisasi. Mereka dapat bekerja di perusahaan pameran, museum, atau dapat bekerja secara freelance.

Baca Juga

10 Plugin Figma Terbaik buat Desainer UI/UX

11. Game designer

Game designer bertanggung jawab untuk merancang gameplay, karakter, lingkungan, dan pengalaman pengguna dalam game. Kreativitas dan keahlian dalam desain grafis adalah kualifikasi utama dalam bidang ini.

  1. Brand manager

Brand Manager bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi branding dan meningkatkan kesadaran merek. Mereka memimpin kampanye iklan dan promosi, dan harus memiliki keahlian dalam desain grafis untuk memvisualisasikan merek secara efektif.

  1. Multimedia artist
READ  10 Kelebihan CV ATS dalam Meningkatkan Kesempatan Mendapatkan Kerja 

Seorang multimedia artist menciptakan karya seni yang melibatkan lebih dari satu media, seperti grafis, suara, animasi, dan video. Keahlian desain grafis dan pengalaman dalam produksi multimedia adalah kualifikasi utama untuk karir ini.

  1. Interior designer

Seorang interior designer merancang ruang dalam, seperti ruang tamu, kantor, atau ruang komersial lainnya. Mereka bekerja dengan klien untuk menciptakan ruang yang fungsional dan estetis, serta mempertimbangkan gaya hidup, preferensi, dan anggaran klien.

  1. Advertising art director

Advertising Art Director bekerja dalam industri periklanan dan bertanggung jawab untuk merancang kampanye iklan yang efektif dan menarik. Mereka bekerja sama dengan penulis iklan untuk mengembangkan konsep dan desain untuk media seperti majalah, koran, televisi, dan media sosial.

Baca Juga

Risograph Style: Mengenal Gaya Desain Populer dan Cara Menggunakannya
  1. Visual merchandiser

Sebagai seorang visual merchandiser, lulusan DKV bertanggung jawab untuk merancang tampilan dan layout toko yang menarik dan efektif. Mereka perlu memahami konsep branding dan produk serta memperhatikan pengaturan warna dan pencahayaan untuk menciptakan suasana yang menarik bagi konsumen.

Itulah beberapa peluang karier jurusan DKV yang bisa kamu pilih. Tentunya masih banyak lagi jenis pekerjaan yang dapat diambil, tergantung pada minat dan bakat masing-masing individu.

Bisa disebut bahwa jurusan DKV dapat menjadi pilihan yang menjanjikan bagi mereka yang memiliki passion di bidang seni dan kreatif.


There is no ads to display, Please add some