Memahami Warna Subtraktif: Dasar, Aplikasi, dan Pentingnya dalam Desain

Memahami Warna Subtraktif - Freepik

SekolahDesain – Penjelasan mengenai warna subtraktif dalam desain yang perlu kamu ketahui secara mendetail. 

Dalam dunia desain grafis, warna memiliki peranan penting dalam mengkomunikasikan pesan, menciptakan identitas merek, dan menarik perhatian. 

Salah satu konsep dasar yang perlu dipahami adalah warna subtraktif. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang warna subtraktif, bagaimana ia bekerja, di mana ia digunakan, dan pentingnya dalam proses desain.

Tips Memperbanyak Referensi Warna - Unsplash
Memahami Warna Subtraktif – Unsplash

Memahami warna subtraktif

Apa Itu warna subtraktif?

Warna subtraktif adalah model warna yang digunakan dalam penggabungan pigmen atau pewarna untuk menciptakan warna. Ini berbeda dengan model warna aditif, yang digunakan dalam layar digital, seperti monitor komputer atau televisi. 

Warna ini mendasarkan dirinya pada penghapusan atau “subtraksi” cahaya putih alami atau cahaya yang diterima dari sumber cahaya. Model warna ini terutama diterapkan dalam pencampuran cat, tinta, atau pigmen.

Komponen utama warna subtraktif

Cyan (Biru Hijau)

Warna ini adalah komponen dasar pertama dalam model warna subtraktif. Ketika pigmen cyan diterapkan pada permukaan, ia menyerap cahaya merah dari sumber, menciptakan efek visual biru-hijau.

Magenta (Merah Ungu)

Magenta adalah komponen berikutnya, yang menyerap cahaya hijau. Ini menciptakan warna merah-ungu yang khas ketika pigmen magenta diterapkan.

Yellow (Kuning)

Kuning adalah komponen terakhir dalam model subtraktif. Ketika pigmen kuning diterapkan, ia menyerap cahaya biru, menciptakan warna kuning yang dikenal.

Cara warna subtraktif bekerja

Warna subtraktif bekerja dengan cara menghapus atau menyerap cahaya dari sumber cahaya putih. Jika semua tiga pigmen (cyan, magenta, dan kuning) dicampur bersama, maka cahaya yang dihasilkan akan hampir gelap atau hitam. 

Ini karena pigmen-pigmen tersebut menyerap sebagian besar cahaya, sehingga hanya sedikit cahaya yang mencapai mata kita.

Generator Palet Warna - Freepik
Memahami Warna Subtraktif – Freepik

Aplikasi dan pentingnya dalam desain

Warna subtraktif digunakan secara luas dalam dunia seni dan desain. Beberapa aplikasi dan pentingnya dalam proses desain meliputi:

Pencampuran Cat: Warna subtraktif digunakan dalam pencampuran cat untuk menciptakan berbagai nuansa warna. Campuran warna ini penting dalam menciptakan ilustrasi, lukisan, atau karya seni lainnya.

Percetakan: Dalam percetakan, warna subtraktif diterapkan dalam proses cetak, seperti cetak offset. Penggunaan tinta dalam cetakan juga mengikuti konsep warna subtraktif.

Desain Grafis: Dalam desain grafis, pemahaman tentang warna subtraktif membantu dalam memilih palet warna yang cocok dan memastikan bahwa desain terlihat konsisten dan profesional.

Itulah bahasan terkait bagaimana memahami warna subtraktif yang punya banyak peran penting dalam dunia desain. 


There is no ads to display, Please add some