Ini Warna Terjelek di Dunia yang Dipakai buat Menghentikan Orang Merokok

Warna Terjelek di Dunia

Setiap warna itu selalu punya daya tarik masing-masing, tetapi apa kamu tahu bahwa ada warna terjelek di dunia yang diharapkan bisa membuat orang berhenti merokok.

Warna merupakan sebuah kunci untuk membuat sesuatu menjadi menarik secara visual. Oleh karena itu banyak bermunculan warna-warna baru yang cantik.

Selain itu, setiap warna juga bisa memberikan perubahan secara emosi terhadap orang-orang yang memandangnya.

Namun, ada juga warna yang dianggap sebagai warna terjelek di dunia, alasannya warna tersebut tidak menarik buat dilihat, ini warna yang dimaksud, dikutip dari Insider.

Baca Juga

7 Makna Warna dalam Desain Grafis, Ada Merah hingga Hitam

Warna terjelek di dunia

Warna yang mendapat predikat warna terjelek di dunia itu adalah warna dengan rona brownish-green atau hijau kecokelatan, dengan Pantone 448 C.

Meskipun disebut-sebut sebagai warna terjelek di dunia, warna tersebut malah bisa digunakan untuk menyelamatkan nyawa orang.

Bisa dipakai buat menghentikan orang merokok

Selama beberapa tahun terakhir, pemerintah Australia telah memberlakukan undang-undang untuk membuat kemasan rokok tidak menarik agar konsumen tak lagi mau membeli dan merokok lagi.

Caranya adalah dengan membuat desain kemasan rokok memakai warna Pantone 448 C. Kemudian, kemasannya juga dibuat polos dan tanpa logo.

Terdapat pula tulisan besar tentang bahaya rokok untuk kesehatan. Jika kamu melihat desainnya, secara visual memang sangat buruk.

Pemerintah Australia lah yang meminta kelompok riset GfK Bluemoon untuk mendesain kemasan rokok yang tidak menarik itu pada 2012.

Baca Juga

7 Tren Font Desain Grafis 2023, Lebih Gelap dan Futuristik
Warna Terjelek di Dunia – Canva

Untuk menyelesaikan desain kemasan tersebut, mereka membutuhkan waktu selama tiga bulan dan memilih Pantone 448 C, karena dianggap sebagai warna paling tidak menarik.

READ  Mengenal 3 Warna Primer dan Penggunaannya dalam Desain

Lebih lanjut, seorang peneliti pasar bernama Victoria Parr mengatakan bahwa warna Pantone 448 C itu digambarkan sebagai warna kematian.

“Warna itu digambarkan sebagai kematian, kotor atau tar tanpa ada sessuatu hal yang positif,” kata Victoria Parr.

Lagipula, tidak semua orang suka dengan warna tersebut yang memang tampak jelek secara resmi.

Pada awalnya warna itu digambarkan oleh pemerintah Australia sebagai warna hijau Zaitun. Lalu, berubah ketika Asosiasi Zaitun Australia mengeluh tentang perbandingan tersebut.

Dan, sekarang warna tersebut digambarkan sebagai warna cokelat tua yang menjemukan.

Nah, itulah warna terjelek di dunia. Bagaimana pendapatmu setelah melihatnya, menjadi suka atau benci?.


There is no ads to display, Please add some

One thought on “Ini Warna Terjelek di Dunia yang Dipakai buat Menghentikan Orang Merokok

  1. Hey! Someone in my Facebook group shared this site with us so I came to check it out. I’m definitely loving the information. I’m book-marking and will be tweeting this to my followers! Exceptional blog and brilliant design.

Comments are closed.