7 Elemen Desain Grafis dan Contohnya

elemen desain grafis dan contohnya

Udah bisa ngedesain tapi belum tahu desain elemen? Tenang. Pada artikel kali ini Owly bakal bahas elemen desain grafis dan contohnya.

Kali ini kita akan membahas apa saja 7 elemen desain grafis yang ada dan wajib kalian ketahui. Kita juga akan mengulas seperti apa contoh-contoh dari elemen tersebut.

Mau tahu apa saja elemen desain grafis tersebut? Yuk langsung saja kita mulai belajar sekarang!

Elemen Desain Grafis dan Contohnya

Elemen desain adalah salah satu aspek penting dalam sebuah desain. Bisa diibaratkan, elemen desain grafis adalah komponen-komponen yang membangun pondasi kuat dalam sebuah desain.

Nah, dalam desain grafis sendiri ada beberapa elemen nih yang perlu kalian ketahui. Apa saja elemen tersebut? Yuk langsung saja Owly bocorin sekarang.

  1. Garis

Yes. Garis adalah salah satu elemen penting dalam desain. Dengan treatment tertentu, garis bisa membantu kalian berkomunikasi dalam desain. Mulai dari mengatur hierarki informasi, menunjukkan gerakan, sampai menggambarkan emosi.

Elemen Desain Grafis dan Contohnya
Elemen Desain Grafis dan Contohnya – Garis (Design by Canva Creator)

Contohnya seperti yang terjadi pada desain di atas. Bisa terlihat bahwa desainernya menggunakan elemen garis untuk memperjelas object es krim. Nah, ini nanti akan mempermudah audiens kamu untuk mengetahui elemen mana yang harus dilihat lebih dulu. Teknik yang terkesan sederhana ini ternyata bisa bikin desain kamu kelihatan lebih profesional, kan?

  1. Shape

Komponen selanjutnya yang termasuk dalam 7 elemen desain grafis adalah shape atau bentuk. Dalam dunia desain sendiri, ada dua macam jenis bentuk yang dikenal, yaitu geometric dan organic (bentuk yang bebas).

Elemen Desain Grafis dan Contohnya
Elemen Desain Grafis dan Contohnya – Geometric Shape (Design by Canva Creator)

Pertama, kita akan membahas dulu nih apa itu geometric shape. Beberapa contoh geometric shape adalah segitiga, piramida, kotak, kubus, elips, hingga bola atau lingkaran.

Bentuk geometris sendiri juga memiliki arti psikologinya masing-masing. Contohnya seperti lingkaran yang melambangkan harmoni atau tenang karena bentuknya yang full atau komplet. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa cek artikel berikut, ya!

READ  6 Jenis Aplikasi Mobile yang Harus Kamu Tahu Sebelum Membuatnya

Selanjutnya, kita akan membahas organic shape. Dibanding bentuk geometris yang lebih presisi, organic shape bisa berbentuk asimetris dan lebih bebas. Contoh organic shape sendiri ada blobs dan bentuk-bentuk lainnya. Desain di bawah ini adalah salah satu karya yang menggunakan bentuk geometris nih Sobat Owly.

Elemen Desain Grafis dan Contohnya
Elemen Desain Grafis dan Contohnya – Organic Shape (Design by Canva Creator)
  1. Warna

Elemen selanjutnya yang penting dalam sebuah desain adalah warna. Selain penting, warna juga merupakan salah satu elemen yang tak mudah untuk dimainkan. Sebagai desainer kita tak boleh melihat warna hanya sebatas warna saja. Kita harus bisa melihat dari segi psikologis maupun teori harmonisasinya.

Mengetahui psikologi warna berguna untuk membantu kita membangun mood dari desain yang akan kita buat. Kebetulan banget nih Owly pernah membuat konten tentang psikologi warna dalam desain. Bisa cek disini ya guys.

Selain memahami psikologi warna, kita juga perlu nih mempelajari teori warna. Kenapa sih harus belajar teori warna? Karena teori warna ini bakal membantu kita untuk menentukan harmoni dari warna-warna yang kita gunakan.

Baca Lebih Lanjut

Teori warna dalam desain grafis
  1. Tekstur

Elemen desain grafis yang akan kita bahas selanjutnya adalah tekstur. Kita pasti juga sering melihat nih desain-desain yang memiliki tekstur seperti kertas, kayu, tanah, atau tekstur abstrak lain.

Nah, apasih kegunaan tekstur ini sendiri? Sama seperti warna, tektur juga membantu membangun kesan di benak audiens yang melihat. Entah itu kesan mewah, feminim, klasik, atau minimalis.

7 Elemen Desain Grafis dan Contohnya
7 Elemen Desain Grafis dan Contohnya – Tekstur (Design by Canva Creator)

Contohnya sendiri bisa kita lihat dari desain di atas. Dengan memasukkan tekstur kain jerami dan tekstur berwarna earth tone, desain ini seolah memancarkan kesan feminim dan minimalis.

  1. Huruf/Tipografi

Elemen desain grafis yang harus kalian ketahui selanjutnya adalah huruf. Huruf sendiri adalah elemen yang sangat penting karena biasanya memuat pesan yang ingin disampaikan secara eksplisit. Berbeda dengan elemen lain yang bersifat implisit, treatment untuk huruf ini justru tidak boleh salah agar tidak terjadi miskomunikasi dalam desain kita.

READ  Ini 5 Logo Termurah dalam Sejarah dari Merek Terkenal Dunia

Sobat Owly pasti udah sering lihat nih beberapa desain yang berisi teks namun tak memperhatikan hierarki. Ada yang menggunakan terlalu banyak teks, ada juga yang tak memperhatikan besar-kecil atau tebal-tipisnya.

Baca Juga

Teori Tipografi dalam Desain Grafis
 Elemen Desain Grafis dan Contohnya
Elemen Desain Grafis dan Contohnya -Teks (Design by Canva Creator)

Selain itu, peran teks juga sangatlah penting. Dengan teknik yang benar, teks juga bisa menciptakan mood seperti desain di atas. Meski hanya satu kata, pemanfaatan kekuatan teks yang tepat bisa membuat desain kalian terlihat profesional. Teks dalam desain tadi pasti otomatis membuat kita fokus ke titik tengah desain. Sesuai dengan arti dan tujuan dari teks tersebut.

  1. Ruang

Selanjutnya ada ruang atau space. Dalam desain sendiri kita bukan hanya mengisi dengan obejct, tapi kita juga harus mengisi dengan kekosongan. Berdasarkan prinsip desain, ada dua macam ruang yang perlu kamu tahu. Mereka adalah negative space dan white space.

Baca Lebih Lanjut

Prinsip Desain Grafis

Singkatnya, white space adalah ruang kosong yang diberikan agar desain tak terlihat terlalu sesak. Ini bertujuan untuk membuat desain kalian lebih mudah dicerna audiens.

Sedangkan negative space adalah bentuk yang timbul akibat kekosongan ruang. Nah, ini biasanya bisa kalian temukan dalam desain logo.

  1. Gambar

Elemen desain grafis yang terakhir adalah foto. Yes. Gambar memang biasanya adalah elemen yang tak mungkin ketinggalan dalam sebuah desain. Selain itu, Gambar juga sebenarnya akan lebih memudahkan kita untuk menyampaikan pesan ke audiens. Gambar sendiri bisa berupa illustrasi atau foto ya Sobat Owly.

Elemen Desain Grafis dan Contohnya
Elemen Desain Grafis dan Contohnya – Gambar (Design by Canva Cretaor)

Contoh dari penggunaan elemen ini sendiri bisa kita lihat dari desain di atas. Tak perlu melakukan teknik desain yang susah, kita bisa banget membangun kesan masculin dan elegan dengan foto yang memang memuat semua pesan tersebut.

READ  10 Cara Belajar Desain Grafis dengan Mudah dan Cepat, Simak Tips Terbaik Ini 

Nah, selain itu foto juga berguna untuk membantu audiens kita untuk tak merasa bosan. Foto atau illustrasi tentunya juga membuat mereka mempunyai pandangan tentang apa yang sedang kita sampaikan.

Kesimpulan

Nah Sobat Owly, itu tadi adalah pembahasan kita kali ini tentang 7 elemen desain grafis dan contohnya. Semoga dengan mengetahui elemen desain grafis ini, Sobat Owly jadi lebih mengerti lagi tentang esensi desain grafis.

Terima kasih untuk Sobat Owly yang sudah mampir membaca. Sampai ketemu di konten selanjutnya ya! Semangat belajar dan selamat berkarya~

Mau belajar desain grafis secara cuma-cuma?

Baca Juga Artikel Lainnya


There is no ads to display, Please add some

3 thoughts on “7 Elemen Desain Grafis dan Contohnya

  1. I know this if off topic but I’m looking into starting my own weblog and was curious what all is needed to get
    setup? I’m assuming having a blog like yours would cost a pretty penny?
    I’m not very internet smart so I’m not 100% sure. Any suggestions or advice would be greatly
    appreciated. Kudos

  2. Oh my goodness! an amazing article dude. Thank you Nonetheless I am experiencing issue with ur rss . Don’t know why Unable to subscribe to it. Is there anybody getting similar rss problem? Anyone who is aware of kindly respond. Thnkx

  3. I’ve been absent for a while, but now I remember why I used to love this site. Thanks , I will try and check back more frequently. How frequently you update your website?

Comments are closed.