Contoh Warna Monokrom dan Cara Membuat Palletenya

contoh warna monokrom

Banyak sekali orang yang mengira bahwa monokrom adalah perpaduan warna hitam putih. Padahal, illustrasi di bawah ini juga contoh warna monokrom lho Sobat Owly.

contoh warna monokrom
contoh warna monokrom

Hah, masa sih Owly?

Iya dong. Yuk sini Owly jelasin tentang warna monokrom secara mendalam di artikel ini. Oiya, baca artikelnya sampai selesai ya. Karena Owly juga akan ngajarin gimana caranya bikin palet warna monokrom.

Arti dan Contoh Warna Monokrom

Monokrom sendiri diambil dari bahasa Yunani ‘monochromos’ yang memiliki arti hanya satu warna. Itulah kenapa objek atau gambar bisa disebut monokrom ketika mereka hanya memiliki satu warna dalam gradasi yang berbeda.

Contoh penggunaan warna monokrom sendiri bisa kalian pa

da foto di bawah ini. Foto ini didominasi warna biru dengan tingkat kecerahan dan kegelapan yang berbeda (gradasi). Inilah yang disebut dengan warna monokrom.

contoh warna monokrom
contoh warna monokrom

“Terus kok bisa perpaduan hitam putih disebut warna monokrom?”

Warna hitam putih sendiri sebenarnya memang bisa disebut dengan warna monokrom. Karena warna putih atau hitam masih berada dalam spektrum warna satu sama lain. Nah, tapi bukan berarti monokrom itu hanya warna hitam putih ya Sobat Owly.

Namun, perpaduan hitam putih dan warna berskala abu-abu memang biasanya disebut dengan warna monokrom yang bersifat netral. Jadi, warna monokrom artinya perpaduan gradasi dari warna yang sama ya Sobat Owly.

Cara Membuat Palet Warna Monokrom

Membuat palet warna monokrom itu mudah banget lho Sobat Owly. Kalian hanya perlu memadukan hue, tone, shade, dan tint dari suatu warna. Mau tau cara bikin paletnya? Yuk Owly kasih tutorialnya!

Baca Juga

Perbedaan hue, tone, shade, dan tint.

Sebelum Owly mulai tutorialnya, ada satu hal yang harus kalian persiapkan nih Sobat Owly. Untuk bisa membuat palet warna, kalian memerlukan color picker tool.

Tools ini tersedia di hampir semua software desain kok Sobat Owly. Bahkan kamu juga bisa menemukan tools ini di Canva. Untuk tutorial kali ini Owly menggunakan software Adobe Illustrator ya!

  1. Tentukan Hue
    Buat Sobat Owly yang belum tahu, Hue adalah sebutan untuk bentuk pure dari suatu warna. Contohnya seperti merah, hijau, ungu, kuning, dan sebagainya.

    Untuk memilih hue sendiri kalian tinggal menentukan saja salah satu warna yang ada di sebelah kanan pada color picker. Kali ini Owly akan memilih hue pink terang ya Sobat Owly.
contoh warna monokrom
contoh warna monokrom
  1. Pilih Tint
    Berbeda dengan hue, tint adalah sebutan untuk warna yang sudah mendapat campuran warna putih. Untuk memilih hue dengan color picker, kalian cukup memilih salah satu spektrum warna yang ada di sebelah kiri.
READ  Apa perbedaan antara PMS, CMYK, RGB, dan HEX?
contoh warna monokrom
contoh warna monokrom
  1. Tentukan Tone
    Jika sudah, masukkan warna tone ke dalam palet monoktom kalian. Dalam hal ini tone berarti warna yang sudah dicampur dengan warna abu-abu.

    Untuk memilih tone, kalian bisa menggeser color picker secara diagonal sampai menemukan warna yang cocok. Contohnya bisa dilihat pada foto di bawah ini ya Sobat Owly.
contoh warna monokrom
contoh warna monokrom
  1. Masukkan Shades
    Selanjutnya adalah memilih shade untuk palet monokrom kalian. Shades sendiri adalah istilah untuk warna yang sudah dicampur dengan warna hitam.

    Cara memilih shades sendiri mudah banget. Langsung saja arahkan color picker nya menurun ke spektrum warna yang lebih hitam dari warna pilihan kalian.
contoh warna monokrom
contoh warna monokrom

Jadi deh palet warna monokromnya. Palet warna ini sendiri bisa banget kalian gunakan untuk membuat ilustrasi yang berkarakter minimalis. Warna monokrom juga cocok banget digunakan untuk mewarnai flat illustrasi yang simpel dan sederhana.

Kesimpulan

Nah itu tadi Sobat Owly penjelasan kita hari ini tentang apa itu monokrom dan seperti apa contoh warna monokrom. Semoga kalian tidak salah mengartikan lagi ya.

Selamat mencoba juga tutorial membuat palet warna monokrom di atas. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di konten berikutnya!

Baca Juga Artikel Lainnya!


There is no ads to display, Please add some

4 thoughts on “Contoh Warna Monokrom dan Cara Membuat Palletenya

  1. Wah, mencerahkan sekali kak artikelnya..
    selama ini yang saya tahu tentang warna monokrom hanyalah hitam dan putih.
    ternyata artinya sangat berbeda ya, bahkan warna merah muda juga bisa di artikan monokrom jika dalam pengaplikasiannya menggunakan satu warna itu saja.
    Terima kasih owly artikelnya.
    Semoga semakin banyak yang berkunjung di sini ya.
    Semangat terus owly.

  2. Oooh baru tau kak ternyata kayak gitu yaa monokroom.. kirain cuma b&w aja hehe, makasih owly!

Comments are closed.