7 Cara Mengusir Cicak Secara Alami dari Rumah

Cara Mengusir Cicak Secara Alami dari Rumah - Unsplash

SekolahDesain – Bagaimana cara mengusir cicak secara alami dari rumah Anda? Temukan jawabannya di sini.

Cicak adalah makhluk kecil yang sering kali mendapati jalan masuk ke dalam rumah kita. Meskipun mereka tidak berbahaya dan bahkan dapat membantu memerangi serangga lainnya, beberapa orang merasa tidak nyaman dengan kehadiran mereka di dalam rumah.

Jika Anda ingin mengusir cicak dari rumah Anda tanpa membahayakan mereka, berikut adalah beberapa cara mengusir cicak secara alami yang dapat Anda coba.

Cara Mengusir Cicak Secara Alami - Freepik
Cara Mengusir Cicak Secara Alami – Freepik

Cara Mengusir Cicak Secara Alami

1. Bersihkan Rumah dengan Rutin

Cicak sering datang mencari makanan, seperti serangga kecil. Pastikan rumah Anda terhindar dari serangga dengan membersihkan sisa-sisa makanan, memperbaiki retak-retak di dinding, dan menjaga kebersihan secara umum.

2. Perbaiki Jendela dan Pintu

Pastikan jendela dan pintu di rumah Anda tertutup dengan baik. Cicak sering masuk melalui celah-celah kecil, jadi periksa dan perbaiki segala celah yang mungkin ada di sekitar pintu dan jendela.

3. Gunakan Kertas Pelekat

Anda dapat meletakkan kertas pelekat yang lengket di sekitar area yang sering dilalui oleh cicak, seperti jendela atau pintu. Ini akan membantu menangkap cicak tanpa membahayakan mereka. Ingat untuk memeriksa kertas pelekat secara berkala dan melepaskan cicak yang tertangkap.

4. Gunakan Bahan Alami Beraroma Tajam

Beberapa bahan alami seperti bawang putih, cabai merah, dan jahe memiliki aroma yang tidak disukai oleh cicak. Anda dapat menempatkan potongan-potongan bahan-bahan tersebut di area yang sering dilalui cicak atau mencampurkannya dengan air untuk membuat semprotan yang dapat disemprotkan di sekitar area tersebut.

5. Gunakan Bulu Ayam

Beberapa orang percaya bahwa meletakkan bulu ayam di sekitar rumah dapat mengusir cicak. Bulu ayam memiliki aroma yang menyerupai predator bagi cicak, sehingga mereka mungkin akan menghindarinya.

READ  10 Tanaman yang Efektif Menyerap Karbondioksida Menurut NASA 

6. Gunakan Lampu yang Tidak Menarik Serangga

Cicak sering datang mencari serangga yang tertarik oleh cahaya. Gunakan lampu yang tidak menarik serangga, seperti lampu dengan warna kuning atau oranye, di dekat jendela atau pintu.

7. Taruh Wadah Air

Cicak membutuhkan air untuk bertahan hidup. Jika Anda merasa bahwa cicak datang ke rumah Anda karena mencari air, taruh wadah air di luar rumah agar mereka dapat minum di sana.

Selalu ingat bahwa cicak memiliki peran penting dalam ekosistem dan membantu mengendalikan populasi serangga.

Jika mungkin, pertimbangkan untuk membiarkan mereka tinggal di lingkungan sekitar rumah Anda tanpa membahayakan mereka.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat mengusir cicak dari rumah Anda secara alami tanpa harus membahayakan atau membunuh mereka.


There is no ads to display, Please add some

2 thoughts on “7 Cara Mengusir Cicak Secara Alami dari Rumah

Comments are closed.