Apa Itu Y2K? Tren yang Kembali Populer di Dunia Desain

Buat kamu yang belum mengetahui apa itu Y2K?, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Sebelum adanya kecerdasan buatan, teknologi tingkat tinggi, dan pemindaian 3D (tiga dimensi), permainan Tamagotchi adalah hal yang populer pada tahun 2000-an.

Kemudian untuk musik, lagu milik Spice Girls banyak diputar dari setiap perangkat musik dan pada saat itu mode futuristik yang sedang naik daun.

Tahun 2000-an merupakan masa-masa yang manis dan hangat dan pada masa tersebut muncul yang namanya tren Y2K atau Year 2000, pada zaman dulu disebut juga sebagai lahirnya era baru.

Setelah sekian lama, tren Y2K kembali digandrungi terbukti ada banyak perusahaan yang memakai elemen inti dari Y2K. Untuk yang lagi viral ada Idol K-pop NewJeans yang memakai konsep Y2K.

Baca Juga

Ini 5 Logo Termurah dalam Sejarah dari Merek Terkenal Dunia

Sebenarnya apa itu Y2K? Mengapa estetika Y2K begitu istimewa? dan apa karakteristik utamanya?.

Apa itu Y2K?

Estetika Y2K adalah gaya yang lazim dalam budaya populer dari akhir 1990-an hingga awal 2000-an.

Gaya ini terdiri dari desain futuristik, nada sintetis dalam musik, desain perangkat keras yang khas, mode yang dikemas dengan bulu dan plastik, serta film dan video game yang terinspirasi dunia maya.

Buat film dan game yang kental akan nuansa Y2K kamu bisa melihatnya lewat film The Matrix atau di game Sonic Adventure.

Y2K dalam Dunia Grafis

Untuk desain grafis, Y2K merupakan tren yang banyak menggunakan elemen glitter, metalik, dan elemen futuristik.

Ciri khas tersebut bisa dikenali dari warna pink permen karet, semua hal yang berkaitan dengan antusiasme teknologi, dan font yang terinspirasi dunia maya.

READ  Apakah Logo Harus Diperbarui Seiring Waktu? Begini Jawabannya

Estetika Y2K juga menggunakan banyak stiker, warna krom, dan font tipe blok.

Contoh desain Y2K:

Desain Y2K – Freepik

Ciri khas Y2K

Pada akhir tahun 90-an dan awal tahun 2000-an orang-orang mulai menyambut perubahan budaya yang besar, di mana teknologi internet mulai menyebar.

Sosial media seperti MSN Messenger, Facebook, Tumblr, dan Twitter, dan MySpace semakin populer dan hampir di setiap rumah ada yang namanya komputer hingga ponsel lipat.

Orang – orang melihat budaya mulai berubah dari tren grungy dan rock focused 90s (gelap)menuju ke arah yang lebih vivid (cerah) serta serba pink aesthetics.

Foto Google dari acara MTV tahun 2000-an diketahui berkonsep Y2K, di mana ada banyak orang memakai jaket puffer metalik, kain mengkilap, tiny t-shirt, corak cerah, dan kacamata hitam berwarna.

Fashion Y2K – Freepik

Apakah kamu tahu penyanyi Britney Spears?. Ya, dia menonjolak gaya Y2K dengan sangat baik lewat pakaian, musik, hingga desain albumnya.

Ketika orang-orang mulai berkomunikasi secara online, budaya emo mendapatkan momentum dengan para remaja yang membagikan emosi dan perasaan mereka di media sosial.

Subkultur emo menyukai kuku hitam, sepatu kets merah muda, dan lagu-lagu cinta bergenre rock.

Tahun 2000-an juga tentang semua jenis romansa. Gadis-gadis menggambar hati di buku catatan, bertukar rahasia melalui buku harian, dan menyukai benda-benda bergliter dan berkilau.

List lagu banyak diisi dengan musik romantis dan poster boyband Backstreet Boys ada di mana-mana, dan jangan lupakan juga soal film Titanic yang sangat terkenal di masa itu.

Tren Y2K itu merupakan perpaduan dari optimisme, futurisme, budaya dunia maya, dan hal-hal gemerlap.

Tadi adalah penjelasan soal Y2K yang kembali populer dan digemari oleh banyak orang sekarang ini.

READ  Kenapa Comic Sans Dibenci? Ini Penyebab Sebenarnya

There is no ads to display, Please add some

3 thoughts on “Apa Itu Y2K? Tren yang Kembali Populer di Dunia Desain

  1. What i don’t understood is actually how you’re not really much more well-liked than you may be right now. You are very intelligent. You realize therefore significantly relating to this subject, made me personally consider it from numerous varied angles. Its like women and men aren’t fascinated unless it is one thing to accomplish with Lady gaga! Your own stuffs nice. Always maintain it up!

  2. We’re a group of volunteers and opening a new scheme in our community. Your site provided us with valuable information to work on. You’ve done a formidable job and our entire community will be grateful to you.

Comments are closed.