Apa itu Desain User Interface (UI)? Ini Definisi dan Manfaatnya

Gaji Desainer UX dari Berbagai Negara

Sebenarya apa itu desain User Interface (UI)? kenapa punya peran yang penting, simak penjelasannnya di bawah ini.

Desain UI atau antarmuka pengguna adalah segala sesuatu yang berinteraksi dengan seseorang ketika kamu memakai produk digital.

Mulai dari tombol yang kamu ketuk, hingga cara informasi disampaikan melalui warna, ukuran teks, spasi gambar, dan tata letak.

Bisa dibilang bahwa UI adalah sebuah proses yang digunakan oleh desainer untuk membangun antarmuka produk dan fokus pada tampilan estetika dan gaya desain.

Baca Juga

10 Plugin Figma Terbaik buat Desainer UI/UX

Apabila hal tersebut dilakukan dengan baik, maka desain UI akan menghasilkan pengalaman penggunaan yang lancar dan menyenangkan.

Desain UI akan semakin bagus ketika pengguna bahkan tak menyadari elemen desainnya.

Namun, jika dilakukan dengan buruk, UI dapat membuat pengguna merasa kebingungan dan frustasi. Alhasil produk pun terabaikan.

Oleh karena itu, desainer UI wajib membuat produk yang konsisten, mudah diakses, dan fungsional yang intuitif dan ramah pengguna.

Perlu diingat bahwa fokus yang harus lebih diperhatikan adalah soal estetika dan juga desain grafisnya.

Karya desainer UI sering kali tidak diperhatikan oleh pengguna, tetapi dapat berdampak besar pada pengalaman produk.

Baca Juga

6 Buku Desain Grafis buat Membentuk Karier Sebagai Freelancer dan Profesional

Contoh desain UI

Buat yang masih bingung dengan penjelasan di atas ini Sekolah Desain cantumkan contohnya agar kamu mudah memahaminya.

Contohnya, dalam aplikasi seperti Instagram, perancang UI bertanggung jawab untuk membuat grafik yang mewakili post terbaru yang dari orang yang di-follow (rumah), halaman penemuan (kaca pembesar), fitur unggahan foto (simbol plus), dan halaman tempat pengguna dapat melihat pengikut mana yang menyukai foto mereka (hati).

READ  7 Alasan Kenapa Harus Belajar Desain Grafis di Sekolah Desain !

Desainer UI memiliki kebebasan dalam menentukan penempatan yang tepat dari ikon-ikon tersebut agar mudah digunakan dan tidak disalah artikan.

Ada juga desain dari desainer UI yang tak ditampilkan di layar dengan memakai ikon. Misalnya, adalah gerakan menggeser hingga input semua bisa juga dikontrol dengan suara.

Detail-detail tersebut termasuk ke dalam lingkup desainer UI yang harus mereka kerjakan untuk menghasilkan desain antarmuka yang nyaman.

Baca Juga

7 Website Download Ikon Gratis buat Penggunaan Komersial

Manfaat desain UI

UI adalah apa yang digunakan orang untuk berinteraksi dengan produk, oleh karena itu, desain UI yang baik sangat penting bagi perusahaan.

Terutama bagi perusahaan yang ingin meningkatkan keterlibatan pengguna dan mengurangi jumlah kesalahan dan masalah yang dihadapi pengguna saat memakai produk digital.

Menurut desainer Google, Tiffany Eaton saat ini perusahaan sudah sadar akan pentingnya pengalaman penggunaan yang baik.

“Produk digital dengan antarmuka pengguna yang baik bisa memberikan keunggulan kompetitif di dunia yang terus berkembang ini,” ujar Tiffany Eaton dikutip dari Spring Board.

Baca Juga

Intip 7 Font dari Film Populer, Bisa Dijadikan Inspirasi

Pada masa sekarang diketahui banyak perusahaan yang mencoba membangun produk yang bisa memecahkan masalah kompleks, menyenangkan untuk digunakan, dan memberikan kepuasan pencapaian kepada pengguna.

Akhirnya desainer UI akan dianggap penting, lebih dari yang sebelumnya karena bisa memberikan keunggulan yang kompetitif.

Nah, demikianlah penjelasan terkait apa itu desain user interface (UI) dan manfaat pentingnya.


There is no ads to display, Please add some

One thought on “Apa itu Desain User Interface (UI)? Ini Definisi dan Manfaatnya

Comments are closed.