Apa itu Aesthetic dan Bagaimana Pengaruhnya pada Desain?

Apa itu Aesthetic - Unsplash

Apa itu aesthetic dan bagaimana pengaruhnya dalam desain? Temukan jawabannya di bawah ini!

Istilah “aesthetic” sering digunakan dalam dunia desain, seni, dan mode, tetapi mungkin tidak semua orang mengetahui arti dan penggunaannya.

Aesthetic atau estetis atau estetik merupakan sebuah konsep yang berkaitan dengan keindahan atau keelokan suatu objek atau karya seni.

Aesthetic dapat didefinisikan sebagai kualitas estetika yang membuat suatu objek atau karya seni terlihat indah dan menarik.

Baca Juga

10 Jenis Warna Aesthetic yang Bisa Membuat Tampilan Visual Lebih Instagramabale

Penggunaan aesthetic dalam desain sangat penting, karena estetika merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi cara seseorang menilai dan merespons suatu desain.

Desain yang baik harus tidak hanya memiliki fungsi dan kinerja yang baik, tetapi juga harus menarik secara estetika dan dapat menarik perhatian orang yang melihatnya.

Dalam dunia desain, penggunaan aesthetic biasanya berkaitan dengan warna, bentuk, tekstur, dan desain keseluruhan dari suatu objek. Beberapa faktor yang mempengaruhi aesthetic pada desain meliputi:

  • Warna – pemilihan warna yang tepat dapat mempengaruhi mood dan perasaan seseorang terhadap desain.
  • Bentuk – bentuk dan proporsi suatu objek dapat mempengaruhi kesan visual dan estetika desain.
  • Tekstur – tekstur pada suatu objek dapat menambah dimensi dan karakter pada desain.
  • Konsistensi – konsistensi dalam penggunaan elemen desain seperti warna dan bentuk dapat membantu menciptakan estetika yang seimbang dan kohesif.
  • Keterbacaan – desain yang mudah dibaca dan dimengerti dapat meningkatkan daya tarik dan estetika desain.

Baca Juga

7 Tren Font Desain Grafis 2023, Banyak yang Keren

Penggunaan aesthetic dalam desain sangat penting dalam menciptakan desain yang menarik dan efektif. Desain yang baik harus memiliki keseimbangan antara fungsi dan estetika, sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan tujuan penggunaan desain.

READ  9 Ciri Khas Gaya Wes Anderson dalam Dunia Sinematografi

Dalam dunia bisnis, desain yang menarik secara estetika dapat membantu meningkatkan daya tarik produk atau jasa, serta dapat meningkatkan citra merek.

Oleh karena itu, pemahaman tentang aesthetic dan penggunaannya dalam desain sangat penting bagi para desainer dan pelaku bisnis.

Nah, itulah penjelasan lengkap soal apa itu aesthetic. Istilah yang banyak dipakai di internet akhir-akhir ini.


There is no ads to display, Please add some