9 Cara Mengembalikan Tools Photoshop yang Hilang: Ini Solusi Paling Lengkap 

Cara Mengembalikan Tools Photoshop yang Hilang - Canva

SekolahDesain – Berikut ini merupakan sejumlah cara mengembalikan tools Photoshop yang hilang, pemula sering kali mengalami masalah ini. 

Adobe Photoshop adalah salah satu perangkat lunak desain grafis terkemuka, tetapi terkadang pengguna mengalami masalah di mana beberapa alat atau tools tiba-tiba hilang dari tampilan antarmuka. 

Jika Anda menghadapi masalah ini, jangan khawatir! Berikut adalah langkah-langkah untuk mengembalikan tools Photoshop yang hilang. 

Mode Gambar Terbaik untuk Membuat Grafik di Photoshop
Cara Mengembalikan Tools Photoshop yang Hilang

Cara Mengembalikan Tools Photoshop yang Hilang

1. Periksa Mode Tampilan

Pastikan Anda berada dalam mode tampilan yang benar. Beberapa tools mungkin hanya muncul dalam mode tertentu seperti “Essentials” atau “Advanced”. Pilih mode yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Reset Tampilan

Coba reset tampilan Photoshop Anda. Pilih opsi “Window” di menu atas, lalu pilih “Workspace” dan kemudian “Reset [Nama Workspace]”.

Ini dapat membantu mengembalikan tampilan antarmuka ke pengaturan awal dan juga tools photoshop yang hilang.

3. Aktifkan Panel Tools

Periksa apakah panel tools diaktifkan. Pilih “Window” di menu atas, dan pastikan opsi “Tools” dicentang. Jika tidak, centang opsi tersebut untuk mengaktifkan panel tools.

4. Gunakan Tombol Tab

Periksa apakah Anda secara tidak sengaja menyembunyikan panel tools. Tekan tombol “Tab” di keyboard untuk menyembunyikan atau menampilkan panel tools. Ini mungkin mengembalikan tools yang hilang.

5. Atur Ulang Tool Preset

Buka panel “Tool Presets” (Window > Tool Presets). Pastikan Anda tidak menggunakan preset yang menyembunyikan tools tertentu. Pilih preset default jika perlu.

6. Periksa Mode Layar Penuh

   – Jika Anda menggunakan mode layar penuh, keluar dari mode tersebut dengan menekan tombol “F”. Beberapa tools mungkin tidak muncul dalam mode ini.

7. Cek Pengaturan Antarmuka

Buka menu “Edit” dan pilih “Preferences” > “Interface” (Windows) atau “Photoshop” > “Preferences” > “Interface” (Mac). Periksa pengaturan antarmuka dan pastikan opsi yang relevan diaktifkan.

READ  Apa itu White Space dalam Desain Grafis? Kamu Harus Tahu

8. Perbarui Photoshop

Pastikan Anda menggunakan versi Photoshop terbaru. Terkadang, pembaruan perangkat lunak dapat memperbaiki bug atau masalah tampilan.

9. Reset Preferensi Photoshop

Jika semua upaya di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba mereset preferensi Photoshop. Tekan tombol Alt + Control + Shift (Windows) atau Option + Command + Shift (Mac) saat memulai Photoshop. Pilih “Yes” untuk mengonfirmasi reset.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda seharusnya dapat mengatasi masalah tools yang hilang di Adobe Photoshop. 

Jika kendala tetap berlanjut, pertimbangkan untuk mencari bantuan lebih lanjut di forum pengguna Photoshop atau situs dukungan resmi Adobe.

Tadi adalah cara mengembalikan tools Photoshop yang hilang, pemula sering kali mengalami masalah ini. 


There is no ads to display, Please add some