8 Website Kolaborasi Guru dan Murid untuk Pembelajaran, Bukan Hanya Google Classroom

Website kolaborasi guru dan murid - Freepik

SekolahDesain – Beberapa website kolaborasi guru dan murid yang bisa kamu pilih. Ada banyak bukan hanya Google Clasroom.

Dalam era digital yang terus berkembang, dunia pendidikan juga mengalami transformasi signifikan.
Guru dan murid sekarang dapat memanfaatkan internet untuk berkolaborasi, berbagi pengetahuan, dan meningkatkan pembelajaran secara bersama-sama.

Berikut adalah 10 website kolaborasi guru dan murid dalam meningkatkan dan memaksimalkan proses belajar dan mengajar.

Daftar website kolaborasi guru dan murid

1. Edmodo

Edmodo adalah platform media sosial pendidikan yang memungkinkan guru untuk membuat kelas virtual, berbagi materi, tugas, dan memberikan umpan balik langsung kepada murid. Ini memungkinkan kolaborasi yang lebih mudah di antara semua anggota kelas.

Link

2. Google Classroom

Google Classroom adalah platform yang disediakan oleh Google untuk membantu guru mengatur kelas online, memberikan tugas, dan berkomunikasi dengan murid. Selain itu, murid juga dapat berkolaborasi dengan teman sekelas dalam proyek dan diskusi.

Link

3. Padlet

Padlet adalah papan digital yang memungkinkan kolaborasi visual. Guru dan murid dapat berbagi gagasan, pemikiran, dan materi pelajaran dengan mudah dengan tampilan yang menarik dan interaktif.

Link

4. Kahoot!

Kahoot! adalah platform permainan kuis yang seru untuk belajar. Guru dapat membuat kuis interaktif dan tantangan, sementara murid dapat berpartisipasi dalam permainan bersama, meningkatkan motivasi dan partisipasi di kelas.

Link

5. Quizlet

Quizlet adalah alat pembelajaran digital yang memungkinkan guru dan murid untuk membuat kartu flash, kuis, dan permainan interaktif untuk memperdalam pemahaman materi pelajaran.
Link

6. Flipgrid

Flipgrid adalah platform video kolaboratif yang memungkinkan guru dan murid untuk berbagi video pendek sebagai respons atas pertanyaan atau topik tertentu. Ini menciptakan lingkungan yang inklusif dan memperkuat keterlibatan dalam pembelajaran.
Link

7. Trello

Trello adalah alat manajemen proyek yang dapat membantu guru dan murid mengorganisir tugas, jadwal, dan rencana pembelajaran dalam format papan kerja yang mudah digunakan.

Link

8. Socrative

Socrative adalah platform respons siswa yang memungkinkan guru untuk membuat kuis, jajak pendapat, dan pertanyaan sederhana yang dapat dijawab oleh murid menggunakan perangkat seluler mereka.

Link

Dengan adanya website kolaborasi di atas, guru dan murid dapat saling berinteraksi, berbagi ide, dan memperluas pengetahuan mereka melalui pengalaman pembelajaran yang berbeda.

Semua website kolaborasi guru dan murid di atas bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, interaktif, dan efektif bagi semua pihak yang terlibat. Selamat mencoba!


There is no ads to display, Please add some