8 Tren Warna Favorit 2023, Mana yang Jadi Pilihanmu?

tren warna 2023

Perkembangan tren warna ternyata juga dipengaruhi oleh keadaan dunia. Saat inflasi meningkat, perang global dan krisis iklim terjadi seperti sekarang ini, membuat orang-orang pun ikut mengekspresikan diri melalui warna. Melihat keadaan dunia saat ini, tren warna favorit pada 2023 kebanyakan berhubungan dengan cahaya dan bayangan. Itu berhubungan dengan kondisi dunia yang memburuk, tapi tetap ada harapan untuk masa depan yang lebih baik. Berikut daftar delapan tren warna favorit 2023.

Baca Juga

10 Website Download Ilustrasi Gratis
  1. Skema warna tahun 70-an

Pada 2023, banyak desainer yang akan kembali memakai palet warna sejuk khas tahun 70-an. Warna-warna seperti earthy browns, avocado greens, mustard yellow, dan harvest golds bakal menjadi sorotan. Selain menciptakan rasa nostalgia dan bahagia dengan cara sederhana, warna-warna tersebut juga membantu menciptakan perasaan nyaman, keakraban, dan mudah didekati. Perasaan tersebut akan sangat dibutuhkan dalam menghadapi masa-masa yang kurang pasti ini.

  1. Acidic hues

Skema warna acidic hues atau asam itu bukan hanya terbatas pada warna cerah dan tajam. Namun, juga warna-warna yang menyilaukan mata. Meski kebanyakan warna acidic hues itu mencolok, desain dengan memakai warna ini tampak estetik. Jika skema warna 70-an menghadirikan warna yang kalem, acidic hues kebalikannya. Warna seperti bright greens, bright blues, dan yellow akan banyak mendominasi pada 2023. Jika ingin membuat desain yang menonjol di keramaian, palet warna ini adalah jawabannya.

tren warna favorit 2023
Tren warna favorit 2023 – Warna Acidic Hues (Colorpalettes.net)
  1. Silver chrome

Tren warna silver chrome atau krom perak dinilai sangat cocok dijadikan pilihan dalam menggambarkan kemurungan dan kegelisahan. Tampilan yang dihasilkan dari tren silver chrome adalah berupa logam yang terdistorsi dan meleleh. Pemilihan warna perak juga fleksibel untuk diterapkan pada sebuah desain, mulai dari yang terlihat kusam hingga mengkilap. Tren warna ini tidak begitu cocok jika digunakan untuk menggambarkan kecantikan, akan lebih pas dipakai untuk membuat karya tentang membangkitkan ekspresi.

READ  6 Jenis Grid dalam Desain Grafis, Penting buat Tata Letak UI/UX
  1. Ecstatic colors

Mencari tahu soal berita ekonomi dan politik terkini, cenderung menimbulkan perasaan putus asa. Oleh karena itu penting sekali untuk membangkitkan semangat dengan melihat sesuatu yang menyenangkan. Salah satu cara membangkitkan semangat adalah dengan membuat desain menggunakan warna-warna cerah, seperti warna pelangi. Tren warna Ecstatic colors yang cerah dan berani mampu menciptakan kesan percaya diri dan tak kenal takut.

Baca Juga

15 Tren Desain Logo 2023, Desainer Grafis Wajib Tahu
Tren warna favorit 2023 – Ecstatic Colors (Freepik)

  1. Millennial kitsch

Tren warna millennial kitsch terinspirasi dari warna-warna yang hits pada akhir 1990-an hingga pertengahan 2000-an. Pada saat itu, banyak merek yang mengeluarkan aksesori gadis remaja dengan warna ceria, seperti seperti blue, pink, yellow, dan green. Bagi sebagian orang, warna-warna ini mengingatkan mereka pada saat kehidupan tak begitu bergantung pada internet. Warna millennial kitsch melambangkan optimisme dan harapan untuk masa depan. Warna ini juga cenderung dihubungkan dengan anak muda yang membutuhkan ruang ekspresi melalui warna-warna cerah dan berenergi.

  1. Warm Mediterranean

Keindahan palet warna mediterania yang hangat cocok untuk menampilkan visual pasca pandemi Covid-19. Di mana orang-orang mulai kembali traveling ke luar negeri. Warna dusty reds, pink dan gray yang berdebu seakan memberikan semangat untuk menjelajahi dunia. Terlebih lagi warna warm mediterranean juga membuat orang-orang merasa rileks dan tenang. Dengan warna ini memberikan perasaan seakan tengah menikmati liburan di tempat hangat.

  1. Dark sci-fi tones

Dark sci-fi tones memberi kita sesuatu yang jauh serius dan cukup menyeramkan. Inti dari tren warna dark sci-fi tones adalah menggambarkan dunia yang gelap akibat termakan kemajuan teknologi. Palet warna yang dihasilkan akan tampak berani dan mencolok, sehingga mampu menarik audiens seakan tengah berada di dunia lain. Meskipun sebagian besar warna memiliki corak yang lebih gelap, seperti dark browns, dark blues, dan gray, menggunakan warna yang lebih cerah seperti blue, yellow, atau red dapat menambahkan kontras yang dramatis pada kegelapan.

Baca Juga

Jangan Ubah Logo Sembarangan, Kecuali 3 Hal ini Terjadi
Tren warna favorit 2023 – Dark Sci-fi Tones (Freepik)
  1. Undersaturated earth tones
READ  6 Tips Membuat Logo di Canva yang Unik dan Sesuai dengan Identitas Merek 

Warna undersaturated earth tones mengambil inspirasi dari alam bebas. Warna earthy browns, light greens, gentle yellows dan soft blues akan sangat pas dipadukan dengan warna putih pudar. Palet warna ini memberi kita energi lembut dan nyaman yang membantu menurunkan perasaan kacau akibat kesibukan yang padat. Secara visual, warna-warna ini lembut dan bisa mengingatkan kita untuk bersantai sejenak. Undersaturated earth tones sangat cocok untuk desain kemasan yang berkelanjutan dan branding produk bayi.


There is no ads to display, Please add some

2 thoughts on “8 Tren Warna Favorit 2023, Mana yang Jadi Pilihanmu?

  1. Hi wouⅼd you mind stating which blog platform you’rе wⲟrking
    with? I’m planning to start my own blog in the near future but I’m haᴠing a hard time choosing between BloɡEngine/Wordpreѕs/B2evolutіon and Drupal.
    The reason I ask is because your design and style seems
    different then most blogs and I’m ⅼooking for something unique.
    P.S My apoⅼogies for being off-topic but I had to ask!

Comments are closed.