8 Cara Menghilangkan Lalat di Rumah dengan Efektif, Banyak yang Belum Tahu 

Cara Menghilangkan Lalat di Rumah - Freepik

SekolahDesain – Bagaimana cara menghilangkan lalat di rumah? Ternyata begini cara ampuh yang bisa kamu coba. 

Kehadiran lalat di dalam rumah bisa sangat mengganggu dan menjengkelkan. Selain itu, lalat juga dapat menjadi pembawa penyakit yang berpotensi membahayakan kesehatan. 

Untungnya, ada beberapa cara efektif yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan lalat di rumah.

Berikut ini ada sejumlah cara menghilangkan lalat di rumah secara mudah tanpa membutuhkan banyak biaya. 

Cara menghilangkan lalat di rumah 

1. Menjaga kebersihan 

Langkah pertama yang penting dalam menghilangkan lalat di rumah adalah menjaga kebersihan umum. Pastikan untuk membersihkan rumah secara rutin, termasuk membersihkan dapur, tempat makan, dan tempat sampah. Bersihkan sisa makanan, tetapkan jadwal membersihkan kotoran hewan peliharaan, dan jaga agar tempat sampah tertutup rapat.

2. Hindari penumpukan sampah

Sampah yang menumpuk menjadi tempat ideal bagi lalat untuk berkembang biak. Pastikan untuk membuang sampah secara teratur dan gunakan tempat sampah yang tertutup. Selain itu, hindari menumpuk sampah organik di dalam rumah atau di halaman, karena aroma dari sampah ini akan menarik lalat.

3. Perbaiki jendela dan pintu

Periksa jendela dan pintu rumah kamu untuk memastikan bahwa tidak ada celah atau retakan yang dapat menjadi pintu masuk bagi lalat. Pasang kawat kasa pada jendela atau pintu yang tidak rapat, sehingga lalat tidak dapat masuk ke dalam rumah.

4. Gunakan kertas dan lilin perekat lalat

Penggunaan kertas perekat atau lilin perekat lalat bisa menjadi cara yang efektif untuk menangkap lalat di dalam rumah. Tempatkan kertas atau lilin tersebut di tempat-tempat strategis yang sering dilalui lalat, seperti di dekat jendela atau di dapur. Lalat akan tertarik pada aroma makanan dan hinggap pada perekat tersebut.

5. Gunakan perangkap lalat yang alami

Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai perangkap lalat. Misalnya, kamu dapat mengisi mangkuk kecil dengan cuka sari apel atau air gula. Tutup mangkuk dengan kertas plastik yang diberi lubang kecil agar lalat bisa masuk, tetapi tidak bisa keluar. Lalat akan tertarik pada aroma manis dan terperangkap di dalam cairan.

6. Gunakan aromaterapi

Beberapa aroma tertentu dapat membuat lalat menjauh. kamu dapat menggunakan minyak essensial seperti peppermint, lavender, atau eucalyptus untuk mengusir lalat. Campurkan beberapa tetes minyak essensial dengan air dalam botol semprot, dan semprotkan di sekitar rumah atau area yang sering didatangi lalat.

7. Gunakan kipas angin

Lalat tidak suka dengan angin yang kencang. Menggunakan kipas angin dapat membantu menjaga lalat menjauh dari area tertentu. Pasang kipas angin di tempat-tempat strategis, seperti di dapur atau area tempat makan, untuk menjaga lalat tetap menjauh.

8. Gunakan jaring anti-lalat

Pada musim panas atau ketika lalat sangat banyak, gunakan jaring anti-lalat di jendela dan pintu. Jaring ini akan membantu mencegah masuknya lalat ke dalam rumah, sambil tetap membiarkan udara segar masuk.

Nah, itu tadi merupakan cara menghilangkan lalat di rumah secara efektif dan mudah yang bisa kamu ikuti. 


There is no ads to display, Please add some