7 Makna Warna dalam Desain Grafis, Ada Merah hingga Hitam

Warna dalam dunia desain grafis punya peran sangat penting. Oleh sebab itu, para desainer wajib mengetahui arti setiap warna, agar pesan yang ingin disampaikan bisa mudah dipahami audiens.

Agar tak terjadi kesalahan dalam mengaplikasikan warna-warna dalam karya desain grafis, sebagai desainer harus selalu update dan belajar.

Berikut adalah tujuh makna warna dalam desain grafis yang wajib diketahui.

Baca Juga

15 Tren Desain Logo 2023, Desainer Grafis Wajib Tahu
  1. Merah (gairah, cinta dan kemarahan)

Merah merupakan warna hangat yang berhubungan dengan gairah, cinta, kemarahan, dan emosi.

Bukan hanya punya makna sebagai warna yang menggambarkan gairah, cinta, dan kemarahan, ada makna lainnya.

Merah dalam budaya Asia, berkaitan dengan keberuntungan, sedangkan di Amerika Latin, warna merah yang dipasangkan dengan putih, punya makna kekristenan.

Merah dapat menggambarkan buah ceri atau apel yang matang dan kaya nutrisi. Bisa juga melambangkan api dengan segala kekuatannya yang merusak dan memulihkan.

  1. Oranye (kreativitas, kemudaan, dan antusiasme)

Berikutnya ada oranye yang punya makna yang hampir sama dengan merah.

Namun, oranye berkesan lebih aman daripada merah. Warna ini lebih untuk menggambarkan energi, keberanian, dan kecerahan.

Makanya, banyak yang memakai warna oranye untuk peralatan keselamatan.

Selain itu, warna ini juga terasa seperti semangat muda, jadi wajar jika populer untuk diterapkan di sejumlah merek anak-anak.

Baca Juga

Jangan Ubah Logo Sembarangan, Kecuali 3 Hal ini Terjadi
  1. Kuning (kebahagiaan, harapan, dan spontanitas)

Warna secerah mentari ini, membuat yang melihatnya menjadi bersemangat dan merasa senang.

Kuning adalah warna yang bahagia, wet muda, dan menarik perhatian dengan harapan dan kepositifannya.

Selain itu, warna ini juga kerap dijadikan simbol kehati-hatian, seperti merah dan jingga.

READ  2 Cara Menambahkan Font di Adobe Illustrator (Tutorial dengan Gambar)

Dalam budaya Timur Tengah dan Amerika Latin, kuning punya makna berkabung. Sementara di Afrika, itu adalah warna kekayaan.

Kemudian, dalam budaya barat, kuning merupakan warna kegembiraan, kemudaan dan kesenangan.

  1. Hijau (alam, pertumbuhan, dan keharmonisan)

Hijau bukan hanya identik dengan warna alam, tapi juga sering dipakai untuk simbol kekayaan dan stabilitas.

Saat melihat warna hijau, biasanya orang-orang akan merasa tentram dan damai.

Beberapa budaya memiliki asosiasi yang spesifik dengan warna ini, seperti budaya Asia Timur yang memakai hijau untuk melambangkan kemudaan dan kesuburan.

Lalu, di Timur Tengah, hijau juga diasosiasikan dengan kekayaan dan kesuburan, dan juga diasosiasikan dengan Islam.

Makna Warna dalam Desain Grafis – Unplash
  1. Biru (ketenangan, kepercayaan, dan kecerdasan)

Walaupun merah dan biru, bukan warna yang saling bersebrangan. Banyak orang menganggap biru dan merah sebagai warna yang berlawanan.

Jika merah termasuk warna yang hangat, maka biru merupakan warna yang dingin.

Biru diketahui memiliki asosiasi spiritual di berbagai budaya di seluruh dunia.

Warna ini di Amerika Latin, terkait dengan perawan Maria. Lalu, di India, berhubungan dengan Krishna. Sementara du Timur Tengah, biru diasosiasikan dengan surga.

Baca Juga

7 Tren Desain Grafis 2023, Jangan Sampai Ketinggalan
Makna Warna dalam Desain Grafis – Unplash
  1. Putih (kesederhanaan dan minimalis)

Meskipun cahaya putih sebenarnya mengandung semua warna, mata kita menganggapnya sebagai sesuatu yang polos.

Alhasil membuat warna putih terasa seperti kanvas kosong, sesuatu yang baru dan penuh potensi.

Saat digunakan dalam desain dan branding, warna putih menciptakan estetika minimalis.

Putih terasa sangat sederhana, bersih dan modern. Ini juga merupakan warna yang paling netral.

Makna Warna dalam Desain Grafis – Unplash
  1. Hitam (kekuatan, keanggunan dan kecanggihan)

Hitam merupakan warna yang serbaguna dan mungkin menjadi warna yang paling banyak digunakan dalam desain grafis.

READ  20+ Shortcut Photoshop Pemula yang Wajib Diketahui (Windows)

Dalam hal branding dan pemasaran, warna hitam umumnya diasosiasikan dengan eksklusivitas, kekuatan, dan keanggunan.

Warna ini terkesan berani, kuat, dan sedikit misterius, jadi tak mengherankan banyak yang suka dengan hitam.

Sejumlah merek kelas atas, sering memakai warna hitam untuk menggambarkan kemewahan.

Makna Warna dalam Desain Grafis
Makna Warna dalam Desain Grafis – Unplash

There is no ads to display, Please add some

One thought on “7 Makna Warna dalam Desain Grafis, Ada Merah hingga Hitam

  1. Howdy! Would you mind if I share your blog with my myspace group? There’s a lot of folks that I think would really enjoy your content. Please let me know. Thank you

Comments are closed.