6 Fungsi Kemasan yang Jarang Diketahui Orang, Bukan Hanya Buat Estetika Semata 

Fungsi Kemasan yang Jarang Diketahui Orang - Freepik

SekolahDesain – Kemasan yang menarik pastinya lebih menjual dan mendatangkan banyak keuntungan, tetapi dibalik itu semua ada beberapa fungsi kemasan yang jarang diketahui oleh orang-orang. 

Kemasan adalah salah satu elemen penting dalam dunia bisnis dan konsumsi. Selain memberikan perlindungan dan presentasi produk, kemasan juga memiliki fungsi yang jarang orang ketahui. 

Di balik penampilannya yang menarik, kemasan juga dapat menyediakan manfaat tambahan yang berdampak pada pengalaman konsumen, keberlanjutan lingkungan, dan bahkan kehidupan sehari-hari. 

Jika kamu belum tahu apa saja fungsi kemasan yang jarang diketahui,  langsung saja menyimak penjelasan di bawah ini!

Fungsi kemasan yang jarang diketahui

1. Fungsi informasi

Kemasan tidak hanya berfungsi untuk menjual produk, tetapi juga untuk memberikan informasi penting kepada konsumen. Label dan instruksi pada kemasan memberikan informasi tentang komposisi, cara penggunaan, tanggal kedaluwarsa, dan peringatan khusus yang perlu diketahui oleh konsumen sebelum menggunakan produk. Fungsi ini membantu konsumen membuat keputusan yang cerdas dan aman.

2. Fungsi kesehatan dan keamanan

Kemasan memiliki peran penting dalam melindungi produk dari kontaminasi dan kerusakan selama transportasi dan penyimpanan. Selain itu, beberapa kemasan dirancang khusus untuk menjaga kebersihan dan keamanan produk, seperti kemasan kedap udara yang mencegah paparan oksigen pada makanan atau obat-obatan yang rentan teroksidasi.

3. Fungsi penggunaan ulang

Beberapa jenis kemasan dirancang untuk dapat digunakan kembali setelah produk sebelumnya dikonsumsi atau digunakan. Misalnya, botol minuman atau wadah makanan yang dapat diisi ulang dapat membantu mengurangi sampah plastik sekali pakai dan meningkatkan keberlanjutan lingkungan.

4. Fungsi penyimpanan dan pemeliharaan produk

Kemasan memiliki peran penting dalam mempertahankan kualitas dan keawetan produk. Kemasan vakum atau bersegel rapat membantu memperpanjang umur simpan makanan dan menghindari pembusukan. Kemasan yang dirancang khusus untuk melindungi produk dari cahaya, suhu ekstrem, atau kelembaban dapat memastikan produk tetap segar dan berkualitas.

READ  2 Cara Membuat Tulisan Melengkung di Illustrator

5. Fungsi inovasi dan diferensiasi

Kemasan juga berperan dalam menciptakan keunikan dan daya tarik produk di pasar yang kompetitif. Desain kemasan yang kreatif, bentuk yang unik, atau bahan yang ramah lingkungan dapat memberikan keunggulan kompetitif kepada merek dan menarik perhatian konsumen.

6. Fungsi kemudahan dan kepuasan konsumen

Kemasan yang dirancang dengan baik dapat memberikan kemudahan penggunaan dan pengalaman konsumen yang lebih baik. Misalnya, kemasan dengan tutup yang mudah dibuka, ukuran yang sesuai, atau fitur penggunaan yang intuitif dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan memudahkan penggunaan produk.

Itulah fungsi kemasan yang jarang diketahui oleh orang-orang kebanyakan. Semoga artikel ini memberikan pengetahuan baru yang bermanfaat buat kamu. 


There is no ads to display, Please add some