6 Bahan Alami Pengusir Nyamuk: Solusi Ramah Lingkungan untuk Melawan Serangga

Bahan Alami Pengusir Nyamuk - Freepik

SekolahDesain – Apa saja bahan alami pengusir nyamuk yang efektif? Jika kamu belum tahu, wajib menyimak artikel berikut ini.

Musim panas sering kali menjadi waktu yang menyenangkan untuk berkumpul di luar ruangan, namun, nyamuk yang mengganggu seringkali bisa merusak kesenangan tersebut.

Menggunakan bahan alam pengusir nyamuk adalah alternatif yang ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan manusia serta hewan peliharaan.

Ini ada beberapa bahan alam pengusir nyamuk yang bisa kamu coba untuk menghepaskan seranga-seranga pengganggu.

Daftar bahan alami pengusir nyamuk

1. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih adalah bahan alam yang efektif sebagai pengusir nyamuk. Aromanya yang menyegarkan menyebabkan nyamuk menjauh, sementara manusia cenderung menyukai aroma tersebut. kamu bisa mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih dengan air dan menyemprotkan campuran tersebut di sekitar area yang ingin kamu lindungi.

2. Daun Mint

Daun mint memiliki aroma yang kuat yang membuat nyamuk enggan mendekat. kamu bisa menumbuk beberapa daun mint dan menyebarkannya di sekitar tempat duduk atau tempat berkumpul di luar ruangan. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan minyak esensial mint untuk pengusir nyamuk dengan cara yang serupa dengan minyak kayu putih.

3. Lavender

Lavender adalah bunga dengan aroma yang menenangkan bagi manusia, namun, nyamuk tidak menyukai baunya. kamu bisa menanam lavender di taman atau menggunakan minyak esensial lavender untuk mengusir nyamuk. Selain itu, bunga lavender juga bisa digunakan dalam karangan bunga sebagai dekorasi dan pengusir nyamuk alami.

4. Lemon dan Jeruk Nipis

Aroma citrus dari lemon dan jeruk nipis juga terbukti efektif mengusir nyamuk. kamu bisa membuat campuran air lemon atau jeruk nipis dan menyemprotkannya di sekitar area terbuka atau di kamar tidur sebelum tidur. Selain sebagai pengusir nyamuk, aroma segar dari lemon dan jeruk nipis juga memberikan kesan yang menyenangkan.

5. Bawang Putih

Bawang putih memiliki aroma yang kuat dan tajam yang menyebabkan nyamuk menjauh. kamu bisa menumbuk beberapa siung bawang putih dan mencampurkannya dengan air untuk membuat semprotan pengusir nyamuk alami. Penggunaan bawang putih sebagai pengusir nyamuk juga dapat memberikan perlindungan dari nyamuk selama beberapa jam.

6. Tanaman Pengusir Nyamuk

Beberapa tanaman seperti tanaman lavender, mint, basil, rosemary, dan citronella telah terbukti efektif dalam mengusir nyamuk. Menanam tanaman-tanaman ini di taman atau di sekitar area terbuka rumah kamu dapat membantu menjaga nyamuk menjauh.

Demikianlah daftar bahan alam pengusir nyamuk yang bisa kamu pilih untuk mengusir serangga menghisap darah di rumah.


There is no ads to display, Please add some