5 Warna Kesukaan Rasulullah Muhammad SAW? Bisa Jadi Inspirasi buat Pakaian Hari Raya

Apa saja warna kesukaan Rasulullah Muhammad SAW? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang dihormati dan dicintai oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia.

Beliau memiliki sifat yang mulia dan selalu mengajarkan kebaikan kepada umatnya.

Selain itu, beliau juga memiliki preferensi terhadap warna-warna tertentu yang dianggap memiliki makna dan nilai-nilai yang penting dalam agama Islam.

Berikut ini adalah beberapa warna kesukaan Rasulullah Muhammad SAW dan makna yang terkait dengan warna tersebut, dikutip dari Jambi.kemenag.go.id.

Baca Juga

10 Warna Hijab yang Cocok Dipadukan dengan Baju Putih, Pas buat Inspirasi Lebaran

Warna kesukaan Rasulullah Muhammad SAW

  1. Putih

Imam Al-Ghazali dalam Ihya`Ulumiddin menyatakan bahwa warna putih sangat disukai oleh Nabi Muhammad saw. Hal ini juga diperkuat oleh hadis yang mengatakan bahwa Rasulullah suka mengenakan pakaian berwarna putih. Warna putih juga menjadi warna yang sering dipakai oleh para sahabatnya, karena warna ini melambangkan kesucian dan kesederhanaan.

  1. Hijau

Warna hijau adalah warna yang sering diasosiasikan dengan Islam dan menjadi salah satu warna kesukaan Nabi Muhammad SAW. Beliau juga mengajarkan bahwa hijau adalah warna yang menyenangkan dan menenangkan. Pada hari raya, beliau menyuruh umatnya untuk memakai pakaian berwarna hijau, karena warna hijau dianggap lebih utama setelah warna putih.

  1. Hitam

Selain warna putih, Rasulullah juga pernah memakai pakaian berwarna hitam. Ibnu Ady meriwayatkan dari Jabir r.a yang berkata: “Aku pernah melihat Nabi SAW memakai serban hitam yang dipakainya pada hari raya…”

Baca Juga

8 Website Pembuat Avatar Online, Mulai dari Gaya Anime hingga Realistis
  1. Merah

Ada hadis yang menyebutkan bahwa pada dua hari raya dan hari Jumat, Nabi Muhammad SAW pernah memakai pakaian berwarna merah hati. Al Baihaqi meriwayatkan hadis dari Jabir r.a katanya: “Pernah Rasulullah SAW berpakaian yang bercorak merah pada dua hari raya dan pada hari Jumat.”

READ  13 Warna Hijab yang Cocok untuk Baju Hijau Wardah, Semakin Anggun dan Bergaya 
  1. Abu-abu

Selain itu, ada juga hadis yang menceritakan tentang kepala Nabi Muhammad SAW yang dibalut dengan sehelai kain berwarna abu-abu. Sedangkan serban yang pernah beliau kenakan pada hari raya adalah serban hitam.

Baca Juga

24 Elemen Rahasia Canva yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Kesimpulan

Warna yang disukai oleh Rasulullah Muhammad SAW antara lain hijau dan putih. Selain itu, beliau juga pernah memakai pakaian berwarna hitam, merah hati, abu-abu, dan warna campuran.

Walaupun tidak ada aturan yang khusus tentang penggunaan warna dalam Islam, Rasulullah lebih menekankan pada kesederhanaan dan kesucian dalam berpakaian.

Sebagai umat muslim, kita sebaiknya mengambil contoh dari beliau dalam hal penggunaan warna pada pakaian dan aksesori kita.


There is no ads to display, Please add some