5 Cara Mudah Kompres Video di iPhone, Bisa Tanpa Aplikasi

Bagaimana cara mudah kompres video di iPhone? Jika belum tahu caranya, wajib menyimak artikel berikut ini.  

Saat ini, penggunaan video dalam kehidupan sehari-hari semakin meningkat. Namun, masalah utama yang sering dihadapi pengguna adalah ukuran file video yang terlalu besar, terutama ketika hendak membagikannya melalui platform media sosial atau email. 

Hal ini bisa memakan banyak kuota data dan waktu, terlebih jika koneksi internet tidak stabil. Untungnya, ada cara mudah untuk mengatasi masalah ini. Di sini Sekolah Desain akan membahas cara mudah kompres video di iPhone.

Baca Juga

Apa Itu Y2K? Tren yang Kembali Populer di Dunia Desain

Cara mudah kompres video di iPhone.

1. Menggunakan aplikasi bawaan iPhone

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi bawaan iPhone, yaitu Photos. 

Caranya sangat mudah, cukup pilih video yang ingin kamu kompres, lalu klik opsi “Edit”. Setelah itu, geser tombol “Crop and Rotate” dan pilih opsi “Resize”. Kamu dapat memilih resolusi video yang lebih rendah sesuai kebutuhan kamu. Setelah selesai, klik “Done” dan simpan perubahan.

2. Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Selain aplikasi bawaan, kamu juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Video Compress. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengompres video secara mudah dan cepat. Kamu hanya perlu mengunggah video yang ingin dikompres, pilih resolusi yang diinginkan, dan klik tombol “Compress”. Setelah selesai, video yang sudah dikompres dapat disimpan di iPhone kamu.

3. Menggunakan aplikasi iMovie

iMovie adalah aplikasi editing video yang populer di iPhone. Selain untuk mengedit video, iMovie juga dapat digunakan untuk mengompres video. Caranya sangat mudah, cukup buka aplikasi iMovie, pilih video yang ingin dikompres, lalu klik opsi “Share” dan pilih opsi “Export”. Kamu dapat memilih resolusi video yang lebih rendah dan klik tombol “Export”. Setelah selesai, video yang sudah dikompres akan tersedia di kamera roll.

Baca Juga

Daftar Tren Web Design 2023, Lebih Interaktif dan Keren

4. Menggunakan aplikasi Video Compressor 

READ  Cara Pilih Font dan Pasang Subtitle di Video yang Baik dan Benar, Konten Kreator Wajib Tahu 

Video Compressor adalah aplikasi pihak ketiga lainnya yang dapat digunakan untuk mengompres video di iPhone. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, cukup pilih video yang ingin dikompres, pilih resolusi video yang diinginkan, dan klik tombol “Compress”. Setelah selesai, video yang sudah dikompres dapat disimpan di iPhone.

5. Menggunakan layanan Cloud Storage

kamu juga dapat menggunakan layanan cloud storage seperti Google Drive, Dropbox, atau iCloud untuk mengompres video di iPhone. Caranya adalah dengan mengunggah video ke layanan tersebut, kemudian mengunduhnya kembali dengan resolusi yang lebih rendah. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan layanan cloud storage dapat memakan waktu lebih lama dibandingkan menggunakan aplikasi di iPhone.

Baca Juga

Cara Menggunakan ChatGPT Bahasa Indonesia dengan Mudah dan Akurat

Jangan lupa bahwa kompresi video dapat mengurangi kualitas video. Pastikan untuk memilih resolusi yang sesuai dengan kebutuhan kamu tanpa mengorbankan kualitas video secara signifikan. 

Selain itu, pastikan juga untuk menyimpan file video asli sebelum melakukan kompresi, sehingga kamu dapat memiliki file yang berkualitas tinggi di kemudian hari jika dibutuhkan.

Dalam kesimpulannya, kompresi video adalah cara yang mudah dan cepat untuk mengurangi ukuran file video di iPhone. 

Dengan menggunakan aplikasi bawaan iPhone atau aplikasi pihak ketiga seperti Video Compress, kamu dapat menghemat ruang penyimpanan dan menghindari masalah ketika hendak membagikan video di platform media sosial atau email.

Itulah lima cara mudah kompres video di iPhone yang bisa kamu lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat.


There is no ads to display, Please add some