5 Alat buat Meningkatkan Pendapatan, Bisa Diterapkan Agar Usaha Tetap Bertahan Saat Resesi

Apa saja sih alat buat meningkatkan pendapatan, yang bisa membuat bisnis tetap bertahan di masa resesi?, baca detailnya berikut ini.

Untuk mengembangkan dan meningkatkan pendapatan, perusahaan harus pintar-pintar dalam melakukan promosi dan pemasaran.

Apalagi di era yang serba digital ini, perusahaan harus bisa menggunakan taktik cerdas agar membuat bisnisnya tetap relevan.

Pada 2023 ini juga diprediksi akan terjadi resesi atau kondisi di mana ekonomi tengah mengalami kemerosotan.

Agar binis tetap bertahan saat resesi, berikut ada lima alat pemasaran yang dinilai efektif untuk meningkatkan exposure dan omset perusahaan.

Baca Juga

15 Tren Desain Logo 2023, Desainer Grafis Wajib Tahu
  1. Logo

Bagi sebuah perusahaan logo yang dirancang dengan baik bisa mendatangkan banyak manfaat.

Di antaranya adalah membangun kepercayaan, menunjukkan profesionalisme, mengomunikasikan kepemilikan, dan menyampaikan nilai-nilai merek.

Logo harus ada di seluruh produk, termasuk website dan media sosial. Bisa dibilang logo adalah salah satu interaksi pertama yang dilakukan orang dengan merek.

Jadi, pemilik usaha harus membuat kesan pertama yang bagus. Jika tidak memiliki kemampuan membuat logo, bisa menyewa jasa desainer yang memang sudah ahli dibidangnya.

Berikut adalah cara yang bisa dicoba untuk memeriahkan dan menyesuaikan logo agar bisa menarik lebih banyak konsumen.

  • Meriahkan dan sesuaikan desain logo asli (bisa menambahkan dekorasi menarik).
  • Buat logo animasi yang dapat ditampilkan dalam konten video.
  • Bagikan, unggah, dan cetak logo agar bisa ditampilkan di manapun.
Alat buat Meningkatkan Pendapatan – Unplash

2. Banner

Selain logo, benner atau spanduk juga bisa digunakan untuk melakukan pemasaran yang efektif.

Banner kini juga tak selalu harus dicetak, karena bisa disebarkan secara digital secara cepat lewat media sosial seperti Instagram, YouTube, Facebook, Twitter dan TikTok.

READ  Mengenal 3 Warna Primer dan Penggunaannya dalam Desain

Saat membuat banner jangan lupakan juga soal estetika, buat desain yang sesuai image merek kalian.

Baca Juga

10 Website Download Ilustrasi Gratis

Cara yang bisa diterapkan untuk menghasilkan banner yang bagus adalah sebagai berikut.

  1. Buat banner yang sempurna untuk setiap kesempatan, buat dengan desain yang menarik.
  2. Rancang spanduk digital animasi yang menangkap keingintahuan audiens.
  3. Tambahkan elemen bisnis seperti logo atau aksen agar mudah dikenali.

Tips lainnya untuk membuat banner yang menarik adalah buat sesuatu sesuai tema.

Jika menjual pakaian atletik, kalian bisa menambahkan elemen bernuansa olahraga, seperti trek lari dan sepatu.

Kemudian, jika punya perusahaan minyak atsiri, cara terbaik membuat banner yang bisa sampai ke audiens adalah dengan menambahkan ilustrasi seseorang yang tengah berantai sembari relaksasi dengan produk tersebut.

  1. Media sosial

Media sosial sangat penting untuk bisnis apa pun, karena merupakan salah satu cara tercepat dan paling efisien untuk mempromosikan produk dan layanan.

Terutama untuk menjangkau audiens yang menjadi target membelian produk atau layanan. Makanya, membuat postingan secara terjadwal adalah keharusan.

Saat membuat konten untuk media sosial, jangan lupa tentang berbagi cerita yang memberikan wawasan soal bisnis agar image bisa mudah dimengerti.

Rancang media sosial yang menarik di setiap platform, misalnya memanfaatkan carousel untuk menampilkan banyak gambar.

Buat konten yang banyak disukai dan sedang tren, perhatikn juga visual konten agar tetap menarik.

  1. Advertisment (iklan)

Periklanan adalah kunci untuk mendatangkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

Menerbitkan kupon dan mempromosikan penjualan memberi pelanggan lebih banyak alasan untuk membeli produk atau layanan.

Tingkatkan bisnis dengan iklan memukau yang menggambarkan citra merek. Kalian bisa membuat animasi untuk konten iklan yang akan dibagikan secara digital.

READ  6 Warna yang Cocok buat Bisnis Pengiriman dan Logistik, Ini Arti Warnanya  

Pasang iklan di sejumlah platform yang dirasa memiliki banyak pengguna agar merek lebih dikenal dan banyak dibeli.

Tambahkan promosi atau diskon di iklan untuk menarik konsumen. Selain dipublikasikan di media sosial, iklan juga bisa dicetak untuk ditampilkan di kedai kopi lokal atau tempat strategis lainnya.

Alat buat Meningkatkan Pendapatan – Freepik

Baca Juga

Jangan Ubah Logo Sembarangan, Kecuali 3 Hal ini Terjadi
  1. Flayer (selebaran)

Flayer bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan bisnis ke dunia luar kepada khalayak ramai.

Buat selebaran yang dipersonalisasi dan terlihat profesional dengan cepat dan mudah.

Rancang pamflet yang menonjol dengan foto menarik, grafik dinamis, judul tebal, dan pesan yang jelas.

Bagikan selebaran digital di setiap platform atau bisa dicetak dengan kualitas yang baik.

Melalui template yang dirancang dengan cermat dan menarik, kalian dapat memberi tahu orang-orang tentang open house yang akan datang.

Flayer juga bisa dipakai untuk membagikan informasi soal produk terbaru atau diskon besar-besaran.

Buat sekreatif mungkin, agar audiens tak hanya sekedar melihat tapi juga menghargainya.


There is no ads to display, Please add some