3 Cara Mudah Memilih Warna Merek yang Sempurna

Bagi yang bertanya-tanya cara mudah memilih warna merek, bisa menyimak artikel berikut ini. Warna merupakan blok bangunan dasar dari sebuah merek. Dalam menentukan warna untuk merek, memang bukan hal mudah. Itu karena harus disesuaikan dengan produk atau jasa yang jual, sekaligus harus mudah diterima dan diingat audiens. Seorang desainer bernama Josh Martin yang sudah ahli dalam membuat strategi branding, akan membagikan tiga cara mudah memilih warna merek yang sempurna.

Baca Juga

10 Website Download Ilustrasi Gratis
  1. Mulailah dengan warna netral

Langkah pertama memilih warna merek yang sempurna adalah memulai dengan memilih warna yang netral. Warna netral yang bisa dipilih, seperti hitam, putih, gading, perak, abu-abu, cokelat, tan, emas, dan krem. Memilih warna yang hangat atau dingin juga berpengaruh dalam penentuan seluruh palet warna. Hitam, cokelat, tan, emas, dan krem ​​dianggap hangat, sedangkan putih, gading, perak, dan abu-abu dianggap lebih dingin. Untuk mendapatkan warna yang pas, bisa juga memanfaatkan website color palette atau mencari inspirasi dari foto-foto netral, misalnya mengambil warna dari foto pasir.

3 Cara Mudah Memilih Warna Merek yang Sempurna
3 Cara Mudah Memilih Warna Merek yang Sempurna – Freepik
  1. Tambahkan dua warna “pop”

Langkah selanjutnya adalah menambah beberapa warna pada kanvas. Langkah ini bisa membuat kalian menemukan warna utama yang mewakili merek. Pilihlah warna yang menarik yang bisa menjadi sorotan audiens dan menjadi sebuah identitas visual. Disarankan memilih warna yang lebih cerah dan sesuaikan dengan suasana yang ingin dibangun terhadap merek kalian.

Baca Juga

8 Tren Warna Favorit 2023, Mana yang Jadi Pilihanmu?

Panduan memilih warna

Berikut panduan singkat tentang apa yang perlu diketahui dalam menggunakan warna secara efektif. Sederhananya, warna sejuk itu adalah biru dan hijau, warna ini cenderung memberi efek menenangkan. Kemudian ada warna hangat dan menggairahkan seperti merah dan jingga. Selain itu, kalian juga bisa memilih palet keren sebagai warna utama, lalu menambahkan semburat warna hangat untuk menghidupkannya.

READ  8 Fitur Unggulan Canva Pro yang Tidak Tersedia di Canva Gratis

Josh Martin menyarankan untuk mengambil warna dari foto, tempat, dan benda favorit. Dengan mengekstrak warna, kalian tak perlu menebak-nebak saat pencocokan warna karena sudah ada contohnya. Fotografi alam dan lanskap kota adalah tempat yang bagus untuk menemukan inspirasi warna. Jika ingin merek punya suasana yang hidup dan menarik, bisa memilih warna yang hangat dan aktif seperti merah dan oranye. Sedangkan jika ingin membangkitkan suasana hati yang menenangkan, warna yang lebih sejuk seperti hijau atau biru adalah pilihan yang tepat.

Baca Juga

15 Tren Desain Logo 2023, Desainer Grafis Wajib Tahu
  1. Pilih satu warna Call to Action (CTA)

Setelah memilih warna netral dan menambahkan dua warna yang lebih cerah. Kini saatnya memilih warna utama untuk merek. Pastikan kalian memilih warna yang menonjol dan bisa membuat masyarakat merasa tertarik untuk membeli atau mencoba layanannya. Warna yang dipilih selain menonjol, juga harus bisa melengkapi warna yang telah ada. Kalian bisa memilih warna yang kontras atau berlawanan dari skema warna. Jika sudah memilih skema warna hijau-biru yang keren, bisa menambahkan warna oranye cerah sebagai warna call to action. Itu dilakukan agar warna ini berhasil memikat banyak orang. Coba tentukan kapan dan di mana warna ini akan muncul dan buatlah mereka terbiasa dengan warnanya. Apakah warna harus dimunculkan di media sosial, website atau papan reklame?. Semua harus dipikirkan secara matang.


There is no ads to display, Please add some

One thought on “3 Cara Mudah Memilih Warna Merek yang Sempurna

  1. Great post however , I was wondering if you could write a litte more on this topic? I’d be very thankful if you could elaborate a little bit further. Bless you!

Comments are closed.