3 Bahaya Menyiram Tanaman saat Panas, Ini Cara Menghidari Dampak Negatifnya

Bahaya Menyiram Tanaman saat Panas - Freepik

SekolahDesain – Inilah beberapa bahaya menyiram tanaman saat panas yang wajib kamu ketahui. 

Menyiram tanaman adalah tindakan yang penting dalam menjaga kesehatan tanaman kita, tetapi apakah kamu pernah memikirkan waktu yang tepat untuk melakukannya? 

Terutama saat cuaca panas, keputusan untuk menyiram tanaman bisa berdampak signifikan pada pertumbuhan dan kelestariannya. 

Berikut ini merupakan penjelasan soal bahaya menyiram tanaman saat panas dan bagaimana cara menghindari dampak negatifnya.

Tanaman yang Efektif Mengusir Nyamuk - Freepik
Bahaya Menyiram Tanaman saat Panas – Freepik

Bahaya menyiram tanaman saat panas

1. Pengeringan cepat

Saat cuaca panas, suhu udara yang tinggi berkontribusi pada penguapan air yang lebih cepat dari tanah dan daun tanaman. 

Jika kamu menyiram tanaman saat cuaca panas, air dapat menguap dengan cepat sebelum akar tanaman bisa menyerapnya dengan cukup. 

Akibatnya, tanaman dapat mengalami kekurangan air, yang dapat menghambat pertumbuhan, mengurangi produksi bunga atau buah, serta merusak tanaman secara keseluruhan.

2. Potensi pembusukan akar

Saat cuaca panas, tanah mungkin terasa kering di permukaan, tetapi masih lembap di bagian dalam. 

Jika kamu menyiram tanaman terlalu sering saat cuaca panas, air dapat menumpuk di dalam tanah dan merusak akar. 

Akar yang terendam air dapat membusuk karena kurangnya sirkulasi udara, yang dapat menyebabkan tanaman menjadi layu atau mati secara perlahan.

3. Penyakit fungi dan bakteri

Kelembaban tinggi akibat penyiraman saat cuaca panas menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan mikroorganisme patogen, seperti jamur dan bakteri. 

Tanaman yang lembap karena penyiraman berlebihan lebih rentan terhadap infeksi penyakit ini. 

Oleh karena itu, menyiram tanaman saat cuaca panas dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit dan memerlukan penggunaan bahan kimia untuk pengendalian, yang tidak selalu baik bagi lingkungan.

Cara menghindari bahaya menyiram tanaman saat panas

Pilih waktu yang tepat: Disarankan untuk menyiram tanaman pada pagi atau sore hari ketika suhu lebih rendah dan penguapan air lebih lambat.

Periksa kadar kelembaban tanah: Sebelum menyiram, periksa kelembaban tanah dengan meraba permukaan tanah atau menggunakan alat pengukur kelembaban. Hanya menyiram ketika tanah terasa kering beberapa sentimeter dari permukaan.

Pentingnya drainase yang baik: Pastikan pot atau bedengan tanaman memiliki lubang drainase yang baik untuk menghindari genangan air.

Air di akar: Lebih baik menyiramkan air langsung ke daerah akar tanaman daripada ke daunnya. Ini memastikan bahwa akar memiliki akses langsung ke air yang diperlukan.

Gunakan lapisan penutup tanah: Menyediakan lapisan penutup tanah, seperti serbuk gergaji atau mulsa organik, dapat membantu menjaga kelembaban tanah dan mengurangi penguapan.

Tadi adalah bahaya menyiram tanaman saat cuaca panas dan bagaimana cara menghindari dampak negatif yang wajib kamu ketahui. 


There is no ads to display, Please add some

One thought on “3 Bahaya Menyiram Tanaman saat Panas, Ini Cara Menghidari Dampak Negatifnya

  1. I’m truly enjoying the design and layout of your blog.
    It’s a very easy on the eyes which makes it much more pleasant
    for me to come here and visit more often. Did you hire out a designer to create your theme?

    Exceptional work!

    Also visit my web site Stakes Casino

Comments are closed.