12 Cara Mengatasi Art Block Bagi Desainer yang Sering Mengalaminya 

Cara Mengatasi Art Block - Canva

SekolahDesain – Inilah beberapa cara mengatasi art block bagi para desainer yang sering kali mengalaminya. 

Art block, keadaan di mana seorang desainer mengalami kebuntuan kreatif yang menghambat aliran ide dan inspirasi, merupakan tantangan umum dalam dunia seni. 

Meskipun dapat terasa sulit, mengatasi art block bukanlah tugas yang tidak mungkin. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai strategi dan pendekatan cara mengatasi art block. 

Desain Brief - Freepik
Cara Mengatasi Art Block – Freepik

Cara Mengatasi Art Block 

1. Beristirahat dan Jauh dari Layar

Kadang-kadang, menjauh sejenak dari layar komputer dan membiarkan pikiran beristirahat dapat memberikan kesegaran. Lakukan aktivitas fisik ringan, ambil napas dalam-dalam, atau berjalan-jalan sebentar.

 2. Eksplorasi Inspirasi Baru

Jelajahi dunia di sekitar Anda. Kunjungi galeri seni, baca buku, atau temui orang-orang baru. Inspirasi seringkali datang dari pengalaman-pengalaman baru dan pandangan yang berbeda.

 3. Buat Batasan Kreatif

Terlalu banyak pilihan dapat menjadi beban. Atur batasan kreatif untuk mempersempit fokus. Misalnya, tentukan palet warna terbatas atau buat proyek dengan tema tertentu untuk merangsang kreativitas.

 4. Berkolaborasi dengan Rekan Desainer

Diskusikan ide-ide Anda dengan rekan desainer atau bergabung dalam komunitas desain. Berbagi pandangan dan mendengar perspektif orang lain dapat membuka pikiran Anda terhadap ide-ide baru.

 5. Mengubah Rutinitas Harian

Rutinitas harian yang monoton dapat menjadi pemicu art block. Ubah rutinitas Anda, coba bekerja di tempat yang berbeda, atau ubah waktu desain Anda untuk menciptakan perubahan energi.

 6. Hiburan Kreatif dan Hobi Lain

Menyelam ke dalam hobi atau aktivitas kreatif lain dapat membantu melepaskan tekanan. Menyanyi, menari, atau bahkan memasak dapat menjadi sumber inspirasi tak terduga.

 7. Revisi Proyek Lama

Ambil proyek lama yang belum selesai dan lihat kembali. Terkadang, memberikan sentuhan segar pada proyek yang sudah ada dapat membangkitkan kreativitas yang terkubur.

READ  5 Tren Landing Page 2023 yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi dalam Membuat Website

 8. Mengambil Tantangan Desain

Cara mengatasi art block lainnya adalah terlibat dalam tantangan desain dengan aturan tertentu dapat merangsang imajinasi Anda. Tantangan seperti “desain dalam waktu tertentu” atau “gunakan hanya satu warna” dapat memotivasi kreativitas Anda.

 9. Menciptakan Rutinitas Kreatif

Tetapkan waktu khusus untuk kegiatan kreatif setiap hari. Dengan menciptakan rutinitas kreatif, Anda dapat membiasakan diri untuk selalu mencari inspirasi dan menghadapi art block dengan lebih mudah.

 10. Jadilah Fleksibel dan Terima Art Block

Terkadang, menerima kebuntuan kreatif sebagai bagian dari proses kreatif adalah langkah pertama menuju pemulihan. Jangan terlalu keras pada diri sendiri dan beri diri izin untuk mengalami fase art block.

11.  Ikuti Kursus atau Workshop Kreatif

Mendaftar dalam kursus atau workshop kreatif dapat memberikan inspirasi baru. Melalui panduan seorang instruktur atau kolaborasi dengan sesama peserta, Anda dapat mengeksplorasi ide-ide yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya.

12. Buat Sketsa atau Lukisan Tanpa Tujuan Khusus

Buat sketsa atau lukisan tanpa tekanan atau tujuan tertentu. Biarkan tangan dan pikiran Anda bebas berjalan tanpa batasan. Aktivitas semacam ini dapat membantu Anda menemukan kebebasan kreatif.

Dengan mencoba berbagai strategi ini, desainer dapat mengatasi art block dan membuka pintu bagi ide-ide segar dan kreativitas yang tak terbatas. 

Ingatlah bahwa kebuntuan kreatif adalah bagian alami dari perjalanan seni, dan kadang-kadang, melalui keheningan, kita menemukan ide-ide dan semangat untuk mencipatkan karya. 

Nah, tadi adalah cara mengatasi art block bagi para desainer yang sering kali mengalaminya. 


There is no ads to display, Please add some